Geographical Information System (GIS) adalah sebuah sistem informasi yang memiliki dan mengelola data yang berkaitan dengan spasial atau keruangan. Di dalam sistem ini Anda dapat menyimpan, mengelola, membuat, dan menampilkan semua informasi dengan referensi geografis. Bila Anda membutuhkan sebuah peta GIS, kami, Jasa Pembuatan Peta GIS terpercaya akan siap membantu.

Manfaat Peta GIS

Peta GIS ini banyak digunakan oleh praktisi terutama pada bidang kajian geografi. Peta GIS dapat membantu para praktisi dalam mengelola data yang berkaitan dengan informasi spasial. Selain itu, ada beberapa manfaat peta GIS lainnya seperti:

1. Manajemen Tata Guna Lahan

Peta GIS sangat berkaitan erat dengan lahan dan tentunya berkaitan pula dengan manajemen tata guna lahan. Tujuan dari manajemen tata guna lahan ini untuk menentukan lahan yang dibagi berdasarkan karakter-karakternya. Contohnya: dalam sebuah kota terbagi-bagi menjadi berbagai zona seperti zona perdagangan, industri, perkantoran, dan sebagainya.

Pembuatan zona-zona dalam wilayah perkotaan ini baru bisa dibuat apabila praktisi mengenal dan mengetahui karakter dari lahan tersebut. Karakter yang cocok untuk zona perdagangan dan industri tentu berbeda dengan zona untuk ruang hijau. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah peta GIS yang lengkap untuk membantu melakukan manajemen terhadap tata guna lahan.

2. Melakukan Inventarisasi Sumber Daya Alam

Dalam melakukan inventarisasi sumber daya alam yang terdapat di suatu wilayah tentu membutuhkan informasi mengenai geografis dalam wilayah tersebut. Di sinilah kemudian pentingnya sistem GIS, yaitu untuk membantu proses inventarisasi sumber daya alam. Dengan bantuan sistem GIS, seorang praktisi dapat mengetahui persebaran sumber daya alam yang ada dalam wilayah tersebut.

Selain itu, sistem GIS juga akan membantu praktisi dalam melihat persebaran potensi lahan serta kondisi alam di suatu wilayah. Tak hanya itu, praktisi juga dapat mengetahui kondisi lahan yang direhabilitasi dan lahan konservasi.

3. Pengawasan Daerah Bencana Alam

Dengan menggunakan sistem GIS, praktisi tentu dapat kondisi suatu wilayah dan kaitannya terhadap bencana alam. Sistem GIS akan memberikan informasi mengenai kondisi wilayah dan potensi bahaya yang bisa terjadi. Dengan mengetahui kondisi tersebut, praktisi kebencanaan dapat menentukan langkah-langkah mitigasi bencana alam untuk daerah tersebut.

Sebagai contoh, dalam menentukan kawasan rawan bencana di lereng Merapi tentu dibutuhkan peta wilayah terdampak dan besar dampak dari letusan gunung. Dengan begitu, praktisi dapat membagi zonasi wilayah kawasan rawan bencana di lereng Merapi sebagai langkah mitigasi.

Butuh Peta GIS? Serahkan pada Jasa Pembuatan Peta GIS Terpercaya

Anda membutuhkan peta GIS yang akurat tetapi tidak bisa membuat sendiri peta GIS? Kami, sebagai Jasa Pembuatan Peta GIS yang terpercaya akan membantu Anda. Langsung saja hubungi kami melalui nomor yang tertera di dalam website ini. Semua tim kami sangat profesional siap membantu Anda menyediakan peta GIS.