Sebelum membuat proposal skripsi tentu terlebih dahulu harus memiliki judul yang nantinya akan dijadikan sebagai topik pembahasan. Selain itu, pembuatan proposal pun termasuk tidak mudah dan membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama. Terkait dengan proposal ini, tentu ada beberapa cara buat proposal skripsi yang harus diketahui terlebih dahulu.

Dimana cara membuat proposal ini tentu membutuhkan beberapa sistematika yang harus diikuti. Sistematika tersebut mulai dari penentuan judul untuk skripsi, mencari referensi, dan lain sebagainya. Untuk itu, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara buat proposal skripsi yang terdiri beberapa sistematika.

1. Menentukan Judul Proposal

Dalam menentukan judul skripsi lebih baik jangan memilih judul yang memiliki wawasan yang luas atau pembahasan yang luas. Dimana judul proposal harus sempit, dengan tujuan agar pada saat penelitian tidak terlalu lama. Selain itu, dalam menentukan proposal ini alangkah baiknya diambil dari lingkungan sekitar mahasiswa.

2. Mencari Referensi Judul Proposal

Langkah berikutnya adalah dengan mencari referensi dari judul proposal yang telah ditentukan. Referensi yang dimaksud dalam hal ini seperti buku, jurnal, internet, dan lain sebagainya. Memang referensi dari buku sangat dianggap lebih baik dibandingkan mencari referensi di internet. Bukan hanya itu saja, skripsi pun dapat dijadikan referensi dalam pembuatan proposal.

3. Membuat Halaman Judul dan Halaman Pengesahan

Berikutnya adalah dengan membuat halaman judul yang tentunya berisi judul dari proposal, nama peneliti, angkatan, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk halaman pengesahan ini berisi tentang pernyataan dari peneliti. Kemudian tercantum pula tanda tangan dari peneliti, dosen pembimbing, dan lain sebagainya.

4. Membuat Pendahuluan Proposal

Pendahuluan proposal ini terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, serta batasan masalah. Bagian latar belakang berisi apa yang memang melatarbelakangi dari judul yang diangkat. Adapun rumusan masalah yang menyangkut tentang masalah apa yang akan dipecahkan melalui penelitian tersebut nantinya.

5. Landasan Teori dan Kerangka Berpikir

Landasan teori dapat diartikan sebagai suatu landasan yang diperoleh dari beberapa argumen para ahli. Argumen yang dicantumkan tentu harus berkaitan dengan judul proposal yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah itu, ada bagian kerangka berpikir yang diambil dari argumen yang dicantumkan dalam landasan teori. Kerangka berpikir ini saling berkaitan dengan rumusan masalah yang ada.

6. Metode Penelitian dan Daftar Pustaka

Langkah berikutnya adalah menentukan metode penelitian apa yang akan digunakan nantinya pada saat melakukan penelitian. Dimana metode ini juga memuat beberapa pendekatan agar lebih spesifik. Pada bagian akhir terdapat daftar pustaka yang memuat semua sumber referensi yang telah digunakan dalam pembuatan proposal.

Demikianlah beberapa penjelasan terkait cara buat proposal skripsi dengan mudah dan tepat. Dimana pembuatan proposal skripsi ini memang memiliki beberapa sistematika yang harus diikuti. Seperti penentuan judul, mencari referensi, pendahuluan, kajian teori, serta metode penelitian apa yang ingin digunakan nantinya.