Cara membuat judul skripsi pasti banyak dicari, terutama bagi mahasiswa yang sudah memasuki semester akhir. Banyak yang merasa kesulitan mencari tema yang akan diangkat untuk penelitian untuk tugas akhir. Namun, sebaiknya siapkan dari jauh-jauh hari agar tidak kesusahan nantinya saat disuruh mengumpulkan judul skripsi maupun outline.

Pemilihan judul haruslah menargetkan langsung ke masalah yang akan diteliti. Judul yang panjang dan rumit akan membuat orang enggan untuk membacanya atau bahkan tidak paham dengan maksudnya. Karena itulah, mahasiswa perlu membuatnya dengan simpel dan mudah dipahami. Berikut ini beberapa tips yang akan membantu mendapatkan tema skripsi.

1. Dengan Membaca Skripsi Orang Lain

Cara membuat judul skripsi pertama yakni dengan membaca tugas akhir kakak tingkat yang sudah pernah dibuat dengan berkunjung ke perpustakaan jurusan. Hal ini akan membantu mahasiswa  menemukan ide judul skripsi. Mahasiswa juga bisa mengembangkan penelitian yang sudah pernah diungkap dari peneliti sebelumnya.

2. Membuat Judul Skripsi Berdasarkan Minat

Tips selanjutnya yakni mencari judul skripsi berdasarkan passion mahasiwa itu sendiri. Carilah judul yang sesuai dengan minat dan ketertarikan di mata kuliah tertentu, misalnya material bahan teknik. Jangan sampai tema yang sudah diambil menyulitkan karena mahasiswa tidak mempunyai ketertarikan di bidang tersebut. Nantinya, mahasiswa itu sendiri yang dirugikan dan berakibat pada molornya pengerjaan tugas akhir.

3. Ikuti Seminar dan Workshop

Tidak ada salahya untuk mengikuti seminar dan workshop yang membahas penulisan karya ilmiah. Mahasiswa mungkin akan mendapatkan ide judul skripsi di sana. Biasanya tiap jurusan rutin mengadakan seminar kepenulisan skripsi setiap tahunnya. Jangan sia-siakan kesempatan ini, para dosen nantinya akan merekomendasikan sejumlah tema tertentu yang menarik dan layak untuk diangkat.

4. Mintalah Saran Teman dan Dosen Pembimbing

Jika masih belum menemukan juga, mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Mereka akan segan untuk memberikan masukan mengenai tema yang bisa diangkat dan mudah diteliti.  Mahasiswa juga bisa berdiskusi dengan kakak tingkat yang masih menyusun skripsi atau yang sudah lulus. Tampung semua saran yang mereka berikan kemudian pilih salah satu sesuai bidang yang diminati.

5. Pertimbangkan Lokasi Penelitian dan Biaya

Jika sudah menemukan judul yang sesuai passion, penting juga untuk mempertimbangkan lokasi penelitian. Pastikan tempat tersebut mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Mahasiswa juga perlu mempertimbangkan biaya dalam rangka melakukan riset tersebut. Sebaiknya pilih yang masih satu kota dengan kampus atau di kampung halaman. Jangan sampai lokasi penelitian malah menyulitkan karena budget yang tidak cukup, sulit dijangkau dan menghabiskan banyak biaya.

Nah, itulah berbagai cara membuat judul skripsi dengan mudah. Sebaiknya, persiapkan tema penelitian jauh-jauh hari untuk memastikan ketersediaan datanya. Mahasiswa juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dosen wali atau yang dekat dengan mahasiswa tersebut untuk memastikan judul layak untuk diteliti lebih lanjut.