Untuk menyelesaikan pendidikan dalam bidang strata 2 tentu memerlukan syarat yang perlu dilakukan. Dimana syarat yang dimaksud adalah dengan membuat tesis sebagai tugas akhir. Nah, cara membuat tesis proposal ini tentunya tidaklah mudah. Mengapa demikian, karena diperlukan beberapa cara penyusunan yang harus diketahui.

Apa Pengertian dari Tesis ?

Tesis dapat diartikan sebagai sebuah pernyataan atau teori yang dilandasi dengan berbagai macam argumen yang ditulis dalam bentuk karangan. Dimana tesis ini memang sengaja dibuat dengan tujuan agar dapat menyelesaikan program pendidikan. Dengan kata lain bahwasanya tesis ini dibuat untuk mendapatkan gelar dari sebuah pendidikan perguruan tinggi.

Bagaimana Cara Membuat Tesis Proposal ?

Tesis memang termasuk rumit untuk disusun apalagi jika belum menemukan judul yang cocok untuk tesis nantinya. Maka dari itu, diperlukan beberapa cara yang harus dilakukan untuk membuat tesis proposal sebagai tugas akhir saat menempuh pendidikan S2. Lantas bagaimana cara yang bisa dilakukan? Berikut merupakan paparan mengenai cara membuat proposal dengan baik.

1. Membuat Kerangka Tesis Proposal

Cara yang pertama harus dilakukan adalah dengan membuat kerangka tesis proposal terlebih dahulu. Dimana kerangka tesis yang dimaksud adalah menentukan topik dari tesis itu sendiri. Setelah itu, tentukan pula mengenai metode penelitian yang ingin digunakan nantinya. Selain itu, cara pengumpulan data dari topik tesis pun harus diketahui.

2. Mengetahui Poin Utama yang Digunakan dalam Proposal Tesis

Peneliti juga perlu mengetahui beberapa poin utama yang harus tercantum dalam proposal tesis. Poin tersebut antara lain pendahuluan, pernyataan masalah, dan pertanyaan peneliti. Selain itu, ada pula tujuan khusus, metode penelitian, waktu, rencana publikasi, dan referensi yang harus dicantumkan. Dengan tujuan agar proposal dapat dikatakan lengkap.

3. Menulis Pendahuluan

Dalam menulis pendahuluan sebuah tesis tentunya harus sudah dipastikan terkait penggambaran penelitian yang akan dilakukan. Akan tetapi dalam penggambaran ini alangkah baiknya harus berkaitan dengan disiplin ilmu yang telah dimiliki. Dengan tujuan agar dalam pembuatan proposal tesis nantinya tidak terlalu rumit.

4. Membuat Pertanyaan

Pembuatan pertanyaan penelitian ini bertujuan untuk mengatur pikiran peneliti. Dengan tujuan agar dapat membuktikan bahwasanya pertanyaan tersebut memang sangat layak untuk di klarifikasi dan patut untuk diteliti. Adapun sasaran yang akan diberikan pertanyaan adalah masyarakat yang nantinya akan terlibat dalam penelitian yang dilakukan.

5. Pilih Metode Penelitian yang Sesuai

Ada dua jenis metode penelitian yang paling umum digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Dari kedua metode tersebut tentu terdapat beberapa pendekatan yang bisa digunakan. Maka dalam tahap ini peneliti harus pintar memilih metode penelitian yang sesuai dengan topik tesis. Dengan tujuan agar dapat membuktikan bahwa hasil penelitian tersebut nantinya dapat diandalkan.

Itulah beberapa cara membuat tesis proposal yang perlu diketahui oleh mahasiswa perguruan tinggi strata 2. Akan tetapi perlu pula diketahui bahwasanya sistematika penulisan proposal berbeda-beda setiap perguruan tinggi. Meskipun begitu poin utama tetap harus ada atau dicantumkan di dalam sebuah proposal tersebut.