Cara menyusun skripsi berikut ini penting diketahui bagi mahasiswa semester akhir yang sudah akan membuat tugas akhir. Setiap program studi biasanya mempunyai format penulisan tersendiri yang berbeda dengan jurusan lainnya. Namun, artikel ini akan membahas mengenai panduan menyusun skripsi secara umum mulai dari bab satu hingga bab akhir. Berikut selengkapnya.

1. Buat Pendahuluan di Bab I

Bagian ini berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat, objek penelitian, tinjauan pustaka, hipotesis dan teknik pengumpulan data. Latar belakang merupakan penjelasan dari apa yang akan diteliti nantinya sesuai judul yang sudah diambil.

Setelah itu, rumusan masalah dibuat dalam bentuk pertanyaan utama atau inti dari permasalahan yang akan dicarikan solusinya. Hal selanjutnya yakni tujuan penelitian. pada bagian ini mahasiswa perlu membuat list berupa tujuan dari penelitian yang akan dilakukan.

Kemudian, untuk manfaat penelitian biasanya terbagi dalam dua jenis yakni praktis untuk masyarakat luas dan penulis serta teoritis sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya. Untuk objek penelitian, jelaskan fokus riset dan alasan mengapa memilih penelitian tersebut.

Bagian selanjutnya yakni tinjauan pustaka. Tuliskan riset dan buku apa saja yang menjadi rujukan dalam proses pembuatan skripsi. pastikan sumber tersebut mempunyai keterkaitan dengan tema yang akan diteliti.

Bagian lain adalah hipotesis yang merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang diteliti. Menyusun skripsi bagian metodologi juga tak kalah penting.  Setelah itu, tuliskan model penelitian yang digunakan apakah kualitatif, naratif, atau lainnya. Jika menggunakan populasi dan sampel, jelaskan juga kriterianya.

2. Buat Tinjauan Pustaka pada Bab II

Bab dua berisi tinjauan pustaka berupa uraian teoritis dari sejumlah ahli dan penelusuran sumber yang relevan dengan tema penelitian. Literatur tersebut akan membantu mendapatkan informasi yang berkaitan dengan permasalahan yang diangkat dalam skripsi nantinya.

3. Tuliskan Objek dan Subjek Penelitian di Bab III

Bagian ini memuat objek dan subjek riset. Objek penelitian merupakan masalah yang akan diangkat dalam skripsi. Sementara subjek merupakan tempat, orang atau hal lain yang dijadikan sebagai sumber penelitian.

Bagian ini juga mengharuskan mahasiswa menjelaskan secara lebih detail mengenai metode penelitian yang digunakan. Jangan lupa juga untuk menuliskan waktu penelitian, bahan dan alat yang digunakan, model pengumpulan data serta analisisnya.

4. Tuliskan Hasil Penelitian Bab IV

Bab 4 berisi hasil yang didapatkan dalam penelitian lengkap dengan pembahasannya. Hasil yang dituliskan berupa deskripsi, analisis data, tabel, dan lainnya sesuai dengan metode penelitian yang digunakan. Sajikan dengan menggunakan ringkasan hasil pengujian hipotesis.

Bagian ini juga memuat penjelasan mengenai output dari riset yang sudah dilakukan. Mahasiswa juga dapat melakukan perbandingan dengan riset yang sudah pernah dilakukan sebelumnya untuk mendukung analisis data tersebut.

5. Tuliskan Kesimpulan dan Saran di Bab V

Bab ini berisi kesimpulan dan saran. Tuliskan kesimpulan dengan singkat mengenai hasil penelitian yang sudah dilakukan. Sementara bagian saran berisi pendapat peneliti dan saran untuk kemajuan subjek penelitian selanjutnya.

Nah, itulah cara menyusun skripsi secara umum mulai dari  bab satu hingga lima. Jika sudah menemukan topik untuk tugas akhir, sebaiknya langsung konsultasikan kepada jurusan agar segera dicarikan dosen pembimbing. Semakin cepat proses penyusunan skripsi semakin cepat juga mahasiswa lulus.