Semua karya ilmiah, termasuk skripsi haruslah bebas plagiat. Karena itulah, cara mengecek plagiat skripsi secara online ini penting diketahui. Sejumlah perguruan tinggi sudah menerapkan batas minimal batas duplikat, jika melewati batasan tersebut, tugas akhir yang sudah digarap akan ditolak.

Mau tidak mau mahasiswa harus membuat penelitian baru dan menuliskannya kembali dari awal. Tidak mau kan mengalami hal demikian? Karena itulah berikut rekomendasi situs untuk mengecek plagiat secara online.

1. Cek Melalui Situs Copyleaks

Cara mengecek plagiat skripsi pertama yakni melalui situs Copyleaks. Aplikasi ini akan membantu mengecek tugas akhir dalam berbagai format. Situs ini juga mempunyai dua pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan yakni edukasi  dan bisnis.

Jika ingin melakukan pengecekan skripsi, pilihlah edukasi. Namun, sayangnya Copyleaks hanya bisa memverifikasi maksimal 10 halaman saja. Untuk keseluruhan halaman skripsi sebaiknya gunakan versi berbayarnya.

2. Melakukan Pengecekan dengan Duplichecker

Duplichecker merupakan alternatif lain untuk mengecek plagiasi skripsi secara online. Lebih unggul dari Copyleaks, di situs ini pengguna dapat melakukan pengecekan sebanyak 50 kali setiap harinya secara gratis. Cara penggunaan pun cukup mudah, copy paste kan saja teks yang akan dicek plagiasinya.

3. Cek Melalui Situs PaperRater

Melalui situs ini, pengguna dapat melakukan pengecekan karya ilmiah secara cuma-cuma. PaperRater juga akan membantu pengguna mengecek grammar. Situs ini memang dirancang oleh para linguis dan para ahli dibidangnya, jadi jangan ragukan kualitasnya.

4. Lakukan Validasi Menggunakan Plagiarisma

Plagiarisma merupakan situs untuk mengecek tulisan termasuk skripsi apakah bebas plagiasi atau tidak. Situs ini memang dirancang untuk akademisi dan pendidik untuk melakukan validasi dokumen tertentu yang apakah sudah diterbitkan di internet atau belum.

Cara menggunakannya cukup mudah, hanya perlu copy-paste kan saja ke kolom yang tersedia. Namun, situs ini hanya menyediakan pengecekan gratis maksimal 5000 kata saja. Jika ingin mengecek isi dari skripsi secara keseluruhan hingga bagian akhir, pengguna harus membeli versi premiumnya.

5. Manfaatkan Situs PlagScan

Situs ini cukup bisa diandalkan untuk pengecekan tugas akhir mahasiswa. Cara penggunaan pun cukup mudah, hanya perlu upload file skripsi dalam bentuk ms. word. Situs kemudian akan melakukan pemindaian dan akan memberitahukan presentasi plagiasi dan kalimat apa sajakah yang terdeteksi sama.

Untuk mengecek skripsi dengan tools ini, pengguna hanya perlu melakukan registrasi saja. Menariknya, pengguna dapat melakukan pengecekan dengan gratis. Untuk lebih maksimal, gunakan salah satu dari tiga pilihan berlangganan yang tersedia.

6. Memeriksa Karya dengan PlagTracker

Situs plagiasi ini memang dirancang bagi akademisi dan penerbit buku untuk melakukan pengecekan tulisan. Pengguna juga dapat memeriksa apakah karya ilmiah tersebut sudah diterbitkan di internet atau belum. Setelah melakukan pengecekan, nantinya situs akan menampilkan laporan berupa persentase plagiasi.

Situs ini dapat diakses secara gratis dengan cara registrasi terlebih dahulu. Namun, PlagTracker menetapkan batas pengecekan maksimal 5000 kata saja. Jika ingin mengecek skripsi secara keseluruhan, pengguna dapat memilih versi premium atau berlangganan.   

Nah, itulah cara mengecek plagiat skripsi secara online dengan mudah dan gratis. Jangan main-main dengan plagiasi, karena jika ketahuan, kampus bisa saja mencabut gelar sarjana mahasiswa tersebut. Karena itulah, selalu lakukan pengecekan secara rutin agar terhindar dari kasus tersebut.