Metode penelitian skripsi merupakan langkah-langkah yang dilakukan peneliti untuk memecahkan suatu masalah. Saat akan menyusun proposal skripsi, metode penelitian haruslah dipahami karena berperan sebagai panduan dalam menyusun dan menggabungkan data sehingga menjadi tulisan.

Setiap jurusan biasanya mempunyai panduan sendiri, namun artikel ini akan membahas mengenai teknik pengumpulan data yang berlaku secara umum. Berikut beberapa jenisnya.

1. Metode Eksperimental

Metode penelitian skripsi pertama yakni eksperimental. Cara kerjanya yakni dengan mengumpulkan data melalui berbagai cara mulai dari observasi, survei dan wawancara. Model ini akan membagi objek penelitian dalam dua kategori yakni eksperimen dan kontrol.

Namun keduanya haruslah mempunyai karakter yang mirip. Kelompok kontrol nantinya tidak akan menerima perlakuan baru seperti kebijakan baru atau lainnya. Tetapi ini tidak berlaku bagi kelompok eksperimen.

Data dikumpulkan berdasar kelompoknya. Yang menjadi fokus utama dari penelitian yakni perlakuan baru terhadap kelompok eksperimen. Jika  ternyata tidak ditemukan perbedaan yang mencolok antara keduanya, maka bisa disimpulkan perlakuan baru tersebut tidak begitu memiliki dampak signifikan. Begitu juga sebaliknya.

2. Metode Longitudinal

Metode ini mengharuskan peneliti mengumpulkan data melalui berbagai cara, umumnya survei. Penelitian yang dilakukan dengan cara menyebar angket atau kuesioner kemudian diisi oleh responden.  Dalam jangka waktu tertentu, peneliti harus kembali survei untuk mencari perubahan yang terjadi.

3. Metode Deskriptif

Dalam metode ini, peneliti diharuskan untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi berdasarkan hasil riset dan observasi lapangan. Data yang berhasil dikumpulkan melalui model penelitian ini disebut data naratif atau deskriptif. Selain mengumpulkan data, peneliti juga dapat menggunakan sumber wawancara ke pihak-pihak yang terlibat dalam peristiwa.

Cara mengolah data yang didapatkan melalui metode penelitian skripsi deskriptif yakni dengan cara mengkoding istilah atau narasi tertentu yang didapatkan saat riset. Misalnya saja peneliti akan melakukan riset terhadap penduduk yang tinggal di pesisir pantai.  Sebelum mulai terjun ke lapangan, peneliti haruslah membuat rumusan masalah terlebih dahulu. Rumusan masalah itulah yang akan dijawab dengan cara mendeskripsikan.

4. Metode Studi Kasus

Melalui metode ini peneliti dapat mendapatkan data lewat sejumlah cara seperti observasi, wawancara dan pencarian dokumen sebagai sumber primer. Ruang lingkup penelitian menggunakan model ini memang terbatas sehingga peneliti dapat melakukan observasi secara lebih mendalam.

Data yang sudah didapatkan kemudian diolah dan dianalisis baik menggunakan bantuan perangkat lunak maupun secara manual. Namun, peneliti harus merangkai variabel yang saling berhubungan terlebih dahulu sebelum data diolah.

Nah, itulah empat jenis metode penelitian skripsi secara umum yang sering digunakan. Namun, masih ada banyak metode penelitian lain yang digunakan untuk menyusun tugas akhir, tergantung dari program studi masing-masing. Setiap prodi biasanya menggunakan model pengumpulan data yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, bacalah buku panduan penulisan skripsi yang sudah diterbitkan jurusan masing-masing.