Perbedaan jurnal dan skripsi memang belum diketahui oleh banyak orang. Bahkan banyak kalangan yang masih menganggap bahwa keduanya memiliki fungsi yang sama, padahal jika ditelisik secara lebih lanjut keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Kedua hal ini memang merupakan hal yang tidak asing ditelinga kalangan mahasiswa yang sudah akan mendekati masa akhir perkuliahan. Bagi kalangan mahasiswa kelas akhir atau yang sudah akan mendekati akhir perkuliahan, maka wajib menyertakan penelitian mereka dalam bentuk skripsi.

Pengertian Skripsi dan Jurnal

Skripsi dna jurnal memiliki pengertian yang berbeda. Jika dibandingkan, keduanya memiliki satu kesatuan yang sama dimana keduanya berasal dari sebuah artikel. Atau secara lebih terperinci adalah keduanya adalah berisikan beberapa rangkuman dari beberapa artikel. Lalu apa pengertian keduanya secara terperinci, berikut penjelasannya.

  • Skripsi: Pasti bagi mahasiswa yang sudah mendekati masa akhir perkuliahan sudah tidak asing lagi dengan yang namanya skripsi. Ya, skripsi sendiri merupakan hal yang biasa dibuat oleh para kalangan mahasiswa yang sudah mendekati masa akhir. Secara terperinci, skripsi memiliki pengertian sebagai suatu bentuk karya tulis yang didalamnya berisikan sumber sumber data yang lengkap dan terperinci. Dalam penulisan skripsi, secara keseluruhan, semuanya ditulis secara lengkap dan terperinci dengan bentuk yang tetap sistematis. Penulisan sebuah skripsi juga menjadi syarat mendalami sebuah studi ilmu tertentu. Dimana setelah skripsi selesai dibuat, maka selanjutnya akan dilakukan sidang dan diuji oleh dosen penguji yang telah kompeten dibidangnya.
  • Jurnal: Para akademisi yang sedang bergelut dalam sebuah bidang studi tertentu pasti sangatlah familiar dengan apa yang dinamakan jurnal. Jurnal memiliki rangkuman, atau cakupan beberapa sumber artikel. Secara harfiah, jurnal adalah sebuah publikasi periodic, dimana penerbitannya sendiri dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Penerbitan sebuah jurnal itu sendiri dilakukan dalam tempo waktu tertentu, yaitu bisa dalam sebulan, enam bulan atau bahkan setahun sekali.

Perbedaan Antara Skripsi dan Jurnal

Secara keseluruhan keduanya memiliki pengertian yang cukup berbeda antara satu dengan yang lainnya. Secara pengertian, jurnal memiliki artian rangkuman seluruh periodic publikasi yang didalamnya terdapat beberapa macam artikel. Sejumlah artikel dalam sebuah jurnal adalah diterbitkan dalam tempo beserta rentang waktu yang berbeda beda.

Sedangkan untuk sebuah skripsi sendiri secara rinci merupakan sebuah karya tulis ilmiah. Karya ilmiah tersebut merupakan karya tulis yang mencakup suatu bidang studi, sehingga tidak secara menyeluruh hasil semua bidang studi yang menjadi satu. Berbeda dengan penulisan artikel. Skripsi sendiri secara penulisan haruslah lengkap dan disertai dengan bukti bukti ilmiah yang benar benar terperinci serta lengkap.

Secara keseluruhan keduanya memiliki fungsi serta isi yang sama. Namun jika diperhatikan lebih lanjut maka keduanya memiliki perbedaan dalam segi kelengkapan serta presisisi secara lengkapnya.

Secara menyeluruh tentu saja perbedaan jurnal dan skripsi sangatlah jelas. Meskipun isi dari keduanya merupakan cakupan beberapa sumber tertentu namun keduanya memiliki perbedaan dalam segi penjelasan. Ini terlihat dari isi dari sebuah skripsi yang terlihat lebih lengkap dan sistematis.