Dalam menyelesaikan tugas akhir untuk mendapatkan gelar sarjana tentu semua mahasiswa akan melewati masa penyusunan skripsi. Akan tetapi sebelum menjadi sebuah skripsi yang utuh, terlebih dahulu harus menyusun proposal. Dimana susunan proposal skripsi memang masih bersifat umum karena berisi sebuah kajian teori. Teori ini didapatkan dari argumen beberapa ahli terkenal.

Dalam menyusun proposal tentunya ada beberapa sistematika yang harus diikuti. Sistematika susunan proposal skripsi tidak jauh berbeda antara beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Dimana sistematika nya adalah terdapat pendahuluan, kajian teori, dan metode penelitian. Untuk lebih jelasnya, alangkah baiknya simak penjelasan berikut terkait susunan proposal skripsi.

1. Latar Belakang

Pada bagian pendahuluan ini terdapat beberapa poin penting yang harus dicantumkan. Poin pertama adalah latar belakang penelitian. Latar belakang penelitian ini berisi mengenai apa yang melatarbelakangi sehingga mengangkat sebuah judul skripsi. Selain itu, ada pula beberapa argumen yang harus dicantumkan dalam latar belakang tersebut dan berhubungan dengan judul skripsi.

2. Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang berisi tentang apa saja yang menjadi pokok permasalahan yang nantinya akan dipecahkan. Dengan kata lain bahwasanya rumusan masalah tersebut nantinya akan dijawab oleh peneliti melalui penelitian yang dilakukan. Dalam penyusunan rumusan masalah ini tentu disusun dengan menggunakan kalimat tanya mengenai persoalan yang akan dipecahkan.

3. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian pun harus dicantumkan dalam proposal skripsi yang akan disusun nantinya. Di dalam tujuan penelitian nantinya peneliti akan mengungkapkan mengenai apa yang akan dicapai. Dengan kata lain bahwa apa yang akan dicapai melalui penelitian tersebut. Selain itu, tujuan penelitian juga dirumuskan sejajar dengan rumusan masalah yang ada.

4. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian juga ada dalam susunan proposal skripsi yang dibuat. Dimana manfaat penelitian ini berisi tentang uraian kegunaan atau arti pentingnya penelitian yang akan dilakukan. Kegunaan atau manfaat penelitian ini biasanya ditujukan bagi pengembangan ilmu atau teoritis. Bukan hanya itu saja, manfaat penelitian juga ditujukan untuk kepentingan yang bersifat praktis.

5. Landasan Teori

Dalam landasan teori ini memuat tentang beberapa teori variabel yang akan diteliti, teori ini didapatkan dari argumen para ahli. Adapun bentuk dari penulisan landasan teori ini berupa sub judul yang biasanya dimulai dari nomor 3.1, 3.2, dan seterusnya. Selain itu, bagian akhir dari landasan teori ini adalah kerangka pemikiran teoritis dan juga pengembangan hipotesis.

6. Metode Penelitian

Metode penelitian adalah metode yang nantinya akan digunakan pada saat proses penelitian skripsi berlangsung. Ada dua metode penelitian yang biasa digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Sub bab yang dicantumkan seperti jenis dan desain penelitian, fokus penelitian, sumber data, teknik penelitian, dan lain-lain.

Itulah beberapa paparan terkait dengan susunan proposal skripsi yang akan dibuat pada saat ingin memperoleh gelar sarjana. Dimana gelar sarjana ini diperoleh dari sebuah perguruan tinggi tempat seseorang menimba ilmu. Selain itu, skripsi juga sekaligus dijadikan sebagai tugas akhir dari banyaknya tugas kuliah mahasiswa.