Skripsi menjadi sebuah tugas akhir bagi mahasiswa untuk menentukan apakah layak lulus atau tidak. Maka dari itu dibutuhkan kesabaran dan juga ketekunan dalam mengerjakannya. Namun meskipun begitu, masih banyak mahasiswa yang masih belum mengerti tata cara mengerjakannya atau memperkirakan bimbingan skripsi berapa kali hingga lulus.

Dalam pengerjaan skripsi, bimbingan dengan dosen menjadi hal yang cukup penting dan ditaati sesuai aturan yang diberlakukan. Jumlah bimbingan skripsi pun biasanya akan berbeda di tiap Universitas terkait, yaitu mulai dari 8 hingga 12 kali pertemuan. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai perkiraan bimbingan skripsi berapa kali dan juga permasalahan yang seringkali ditemui, maka simak ulasannya di bawah ini.

1. Tidak Menentukan Target

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bimbingan skripsi adalah menentukan target. Namun bagaimana jika tidak? tentunya akan membuat proses pengerjaan skripsi jadi molor dan tidak bisa lulus tepat waktu. Maka pastikan untuk menentukan target dan membuat jadwal mengenai pengerjaan skripsi dan bimbingan dengan dosen.

2. Revisi Skripsi Bejibun

Revisi yang cukup banyak juga menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa pada saat mengikuti bimbingan skripsi. Namun jangan pantang menyerah dan kerjakan skripsi sesuai arahan dosen agar mendapatkan nilai yang memuaskan.

3. Berbeda Pendapat dengan Dosen

Seringkali pendapat yang kita punya tidak searah dengan dosen pembimbing. Sehingga tidak heran apabila terjadi konflik dalam mengerjakan skripsi. Namun hal ini menjadi permasalahan yang bisa diselesaikan dengan kepala dingin loh. Cukup dengan menyatukan dua pendapat berbeda dan menghasilkan satu pendapat yang bisa membangun skripsi tersebut. Dijamin akan menghasilkan nilai sesuai keinginan.

4. Kurang Motivasi

Kurangnya motivasi juga bisa menjadi permasalahan dalam mengerjakan skripsi. Biasanya hal ini juga akan mempengaruhi proses bimbingan dengan dosen. Maka pastikan untuk menjadikan diri sendiri sebagai motivasi dan semangat untuk bisa menyelesaikan skripsi dengan baik.

5. Tidak Rajin Bimbingan

Permasalahan lainnya mengapa skripsi tidak bisa selesai secara tepat waktu adalah karena kurang rajin bimbingan dengan dosen. Biasanya bimbingan akan berlangsung 8 hingga 12 kali selama proses pengerjaan skripsi. Namun meskipun begitu masih banyak mahasiswa yang bingung memperkirakan bimbingan skripsi berapa kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Hal ini tentunya juga akan tergantung Universitas terkait dan waktu luang dosen pembimbing. Maka dari itu usahakan untuk selalu rajin menghadap dan meminta pendapat dosen untuk perbaikan skripsi. Jangan lupa pula untuk selalu melakukan komunikasi dengan dosen agar proses bimbingan pun bisa berjalan lancar.  

Itulah ulasan singkat mengenai perkiraan bimbingan skripsi berapa kali dan juga permasalahan yang sering dihadapi pada saat mengerjakan skripsi. Tentunya adanya bimbingan dengan dosen akan mempermudah proses pengerjaan skripsi tersebut. Semoga bermanfaat dan membantu ya!