Skripsi seringkali dijadikan sebagai tugas mahasiswa semester akhir. Tahapan dalam penyusunannya yang tidak gampang membuat skripsi selesai dalam waktu yang lama. Padahal, setiap mahasiswa harus menyelesaikan skripsinya secepat mungkin karena dikejar deadline. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara cepat membuat skripsi, kok. Yuk, simak penjelasannya!

Secara normal, seorang mahasiswa membutuhkan waktu kurang lebih selama satu semester untuk mengerjakan skripsi. Akan tetapi, ada beberapa mahasiswa yang mengerjakan skripsi hingga bertahun-tahun. Cepat atau lambatnya penyelesaian skripsi tidak bergantung pada kepintaran seseorang. Bisa saja orang yang biasa-biasa saja justru malah lebih cepat menyelesaikan skripsinya. Berikut ini adalah beberapa cara cepat membuat skripsi :

1. Menentukan Tema Skripsi Sedini Mungkin

Biasanya, skripsi akan diberikan sebagai tugas akhir kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan semua mata kuliahnya. Namun, alangkah lebih baik bila mahasiswa menentukan tema skripsinya sebelum semua mata kuliah selesai. Begitu memasuki semester ketiga, sebaiknya seorang mahasiswa mulai memikirkan dengan matang tema skripsi apa yang nantinya akan diambil. 

2. Ikuti Mata Kuliah yang Mendukung Tema Skripsi

Dalam membuat sebuah skripsi, ada beberapa mata kuliah pendukung tema yang telah diambil. Sebaiknya, seorang mahasiswa mengikuti dan menguasai mata kuliah pendukung dengan baik. Selain itu, mahasiswa juga dapat memperbanyak membaca buku referensi, jurnal penelitian, dan artikel-artikel yang berhubungan dengan tema skripsi. Hal ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam merencanakan dan menulis skripsi.

3. Memilih Dosen Pembimbing yang Menguasai Topik Penelitian

Dosen pembimbing memang tidak dapat dianggap sepele karena memiliki pengaruh yang besar terhadap kelancaran dalam penyusunan skripsi, loh! Walaupun berstatus sebagai dosen, tidak semua dosen mampu menguasai semua topik dan mata kuliah. Sebaiknya, pilih dosen yang memiliki keahlian sebidang dengan topik skripsi yang dipilih. Salah pilih dosen dapat menimbulkan kendala dalam proses pembuatan skripsi, loh!

4. Susunlah Rencana dan Deadline

Sebelum membuat skripsi, seorang mahasiswa diharuskan untuk membuat perencanaan dan target waktu penyelesaian. Perencanaan ini meliputi segala aktivitas yang akan dilakukan sejak awal sampai berakhirnya skripsi, mulai dari bertemu dosen pembimbing hingga sidang skripsi. Adanya perencanaan dan penentuan deadline ini akan membuat mahasiswa lebih terarah dalam penyusunan skripsi. 

5. Membuat Kerangka Penelitian

Setelah menetapkan perencanaan, selanjutnya mulailah menyusun kerangka penelitian. Setiap universitas memiliki perbedaan standar kerangka penelitian dan mahasiswa bisa mendapatkannya di buku panduan resmi yang diterbitkan oleh masing-masing fakultas. Namun, umumnya kerangka penelitian memiliki 5 komponen, yaitu judul penelitian, daftar isi, pendahuluan, tinjauan teoritis, metode penelitian, temuan dan pembahasan, dan kesimpulan.

6. Fokus dan Disiplin dalam Mengerjakan

Langkah terakhir dan poin utama dalam cara cepat membuat skripsi adalah fokus pada penelitian dan disiplin dalam mengerjakan skripsi. Pembuatan skripsi yang tak bisa dibilang mudah menuntut seorang mahasiswa untuk fokus dalam proses pengerjaannya. Bila seorang mahasiswa sebelumnya adalah aktivis kampus, alangkah baiknya bila mengurangi keterlibatan dalam organisasi terlebih dahulu demi kesuksesan skripsi.

Meskipun banyak sekali hal-hal yang harus dikorbankan dalam penyusunan skripsi, tapi seorang mahasiswa akan merasa bangga dan lega setelah berhasil menyelesaikannya. Beberapa cara cepat membuat skripsi diatas dapat digunakan agar skripsi selesai sebelum target yang telah ditentukan. Semoga bermanfaat, ya!