Lima topik pertanyaan saat bimbingan skripsi sangat perlu diketahui dan dipahami untuk dijadikan simulasi. Pasalnya, apabila tidak dipersiapkan maka akan merasa deg-degan dan kaget saat diberi deret pertanyaan. Apabila tidak bisa menjawab, akan berakibat fatal, mengapa? Pasalnya rawan terjadi penolakan dan mahasiswa diminta untuk mengganti judul skripsi. Lantas, topik apa saja yang akan dipertanyakan saat bimbingan?

1. Judul yang Hendak Diajukan

Pertanyaan pertama yang paling umum ditanyakan pada saat bimbingan skripsi adalah perihal judul yang hendak diajukan. Mengapa demikian? Pasalnya, judul menjari pintu pertama bagi mahasiswa yang akan membuat skripsi. Sangat disarankan untuk menyiapkan minimal tiga judul skripsi agar apabila ada penolakan dari dosbing, mahasiswa sudah memiliki judul cadangan. Jangan sampai saat bimbingan skripsi malah tidak memiliki persiapan rencana judul yang hendak diajukan.

2. Rumusan Masalah yang Akan Diangkat

Setelah judul dosen pembimbing pasti akan menanyakan perihal rumusan masalah yang akan diangkat. Perlu diwaspadai, pasalnya tidak sedikit mahasiswa yang mengalami keterlambatan penyelesaian judul skripsi sebab rumusan masalah yang dibuat tidak tuntas. Oleh karena itu, pada saat menentukan rumusan masalah, sebaiknya perbanyak diskusi bersama teman dan jangan ragu bertanya kepada dosen pembimbing.

3. Tujuan dan Manfaat Penelitian yang Diangkat dalam Skripsi

Pertanyaan saat bimbingan skripsi mendasar yang selalu ditanyakan oleh dosen kepada mahasiswa bimbingannya adalah seputar tujuan dan manfaat. Mengingat masih banyak mahasiswa yang menganggap poin tujuan dan manfaat sering kali tidak dibutuhkan dalam penyusunan skripsi.

Padahal, tujuan dan manfaat sangat penting guna sebagai penunjuk arah proses pengerjaan skripsi. Oleh karena itu, antara rumusan masalah, tujuan dan manfaat selalu memiliki kesinambungan satu dengan lainnya.

4. Data dan Fakta yang Sudah Didapatkan

Dosen pembimbing pasti menginginkan mahasiswa bimbingannya bisa maksimal dalam mengerjakan skripsi. Oleh karena itu, dosbing pasti akan menanyakan perihal berbagai data dan fakta yang sudah didapatkan. Pasalnya, hal tersebut sangat penting agar skripsi yang dibuat tidak hanya omong kosong belaka serta mampu dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sehingga, apabila ada data maupun fakta yang kurang sesuai dengan judul skripsi, dosen akan mudah memberikan arahan.

5. Berbagai Referensi yang Digunakan Untuk Mengerjakan Penelitian

Terakhir, pertanyaan saat bimbingan skripsi yang sering ditanyakan adalah asal-usul referensi yang digunakan. Mengingat mahasiswa tidak bisa asal mengambil literatur untuk dijadikan referensi. Seperti misalnya, dilarang keras mengambil dari situs blogspot maupun link-link yang tidak jelas sumbernya.

Itulah topik pertanyaan saat bimbingan skripsi yang bisa dijadikan bahan simulasi. Sebenarnya masih banyak topik lain yang penting juga, namun kelima hal di atas merupakan pertanyaan yang umum ditanyakan. Oleh sebab itu, sebaiknya pelajari dan pahami berbagai kelima topik yang ada di atas serta berbagai topik lain. Pastikan juga mencatat berbagai hal penting yang ada di dalam topik tersebut.