Metode analisis data merupakan metode yang banyak digunakan dalam penelitian, metode ini direkomendasikan untuk mengerjakan penelitian marketing, algoritma, maupun jenis penelitian yang membutuhkan banyak data.

Deep learning merupakan metode pembelajaran yang dilakukan oleh mesin, sehingga sistem ini kurang lebih meniru sistem dasar otak manusia bekerja. Inilah kenapa deep learning menggunakan artificial neural networks, yang cocok untuk penelitian kompleks.

Terdapat tiga jenis metode analisis deep learning yang umum digunakan, masing-masing memiliki ciri dan keunggulannya sendiri, berikut adalah penjelasannya.

Deep Neural Networks

Jenis metode yang pertama adalah DNN atau Deep Naeural Networks, ia merupakan jaringan yang digunakan untuk mengambil keputusan. Metode ini digunakan untuk mencari data atau bobot terbaik dari data yang sudah ada. Dengan begitu, peneliti bisa mengambil data secara lengkap dan menyeluruh.

Nilai bobot yang sudah ditemukan nantinya akan membuat perhitungan menjadi lebih mudah. Anda juga bisa menggunakan metode PSO atau Particle Swarm Optimization untuk membuat perhitungan menjadi lebih mudah dan lengkap. Dengan begitu, penelitian Anda bisa makin komprehensif.

Artificial Neural Networks (ANN)

Metode analisis deep learning selanjutnya adalah ANN atau Artifial Neural Networks, ANN merupakan metode analisis yang menggunakan sistem stimulasi jaringan otak manusia. Misalnya, Anda menggunakan tulisan angka 9 dengan ukuran 28A – 28 piksel. Setiap piksel gambar ini kemudian dipecah menjadi beberapa model input.

Umumnya metode analisis ini digunakan untuk mengerjakan penelitian algoritma. Untuk menggunakan metode ini, Anda hanya perlu memasukkan angka yang hendak dihitung, kemudian memasukkan pola yang hendak digunakan. Nantinya setiap angka akan membentuk pola hidden layers.

Convolutional Neural Networks (CNN)

Terakhir adalah CNN atau Convolutional Neural Networks, metode ini lebih sering digunakan karena hemat daya dan lebih cepat dalam proses perhitungannya. Beberapa aplikasi penelitian juga sudah menggunakan metode analisis yang satu ini, sehingga lebih mudah untuk dipakai peneliti.

Untuk metode analisis deep learning yang satu ini, peneliti akan menyambungkan satu node dengan node yang lain, sehingga ia sering disebut sebagai metode analisis terhubung. Sama seperti dua metode penelitian sebelumnya, metode ini juga cocok untuk Anda yang mengerjakan penelitian algoritma.

Metode analisis data deep learning, juga bisa Anda gunakan untuk melakukan analisis pada bisnis, sehingga peneliti yang hendak mengembangkan bisnis bisa juga menggunakan metode analisis yang satu ini. Deep learning memang difokuskan untuk pengerjaan algoritma, aprioiri, dan lainnya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai metode analisis deep learning, dengan penjelasan tersebut, Anda bisa dengan mudah melakukan penelitian dengan rincian hasil yang lebih kompleks. Metode ini juga akan menghasilkan penelitian ataupun karya tulis yang sesuai dengan fakta yang ada di lapangan, sehingga lebih bisa dipertanggung jawabkan.