Sebelum membahas metode analisis deskripsi survey, maka ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu penelitian survei. Metode analisis survei merupakan penelitian yang dilakukan pada populasi kecil ataupun besar. Data yang dipelajari yaitu data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut. Upaya ini bertujuan untuk menemukan peristiwa-peristiwa relatif, distribusi dan hubungan-hubungan antar variabel psikologis maupun sosiologis (Kerlinger: 1973).

Sementara Neuman W Lawrence (2003) berpendapat bahwa penelitian survei ini termasuk penelitian kuantitatif yang mana konteksnya peneliti menanyakan ke sejumlah orang atau responden mengenai keyakinan, argumen, karakteristik suatu objek dan perilaku yang lalu maupun sedang terjadi sekarang. Jadi bisa disimpulkan bahwa metode analisis kuantitatif survey hanya berkaitan dengan pertanyaan mengenai keyakinan dan perilaku responden tersebut.

Pada proses analisis ini semua sampel atau responden menjawab pertanyaan pada kuesioner yang sama. Di mana nantinya akan diukur nilai dari beberapa variabel, pengalaman dan karakteristik objek yang diteliti sekaligus menguji beberapa hipotesis tentang perilaku. Umumnya penelitian ini disebut sebagai penelitian korelasi.

Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan yang tidak terlalu mendalam dalam pengambilan generalisasinya. Tetapi Walaupun demikian generasi pada penelitian nyatanya lebih akurat bila diterapkan pada sampel yang representatif.

Dari berbagai pendapat yang terkumpul diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian survei merupakan metode penelitian kuantitatif yang dapat diterapkan untuk memperoleh data kata-kata terjadi pada masa sampel atau yang sedang terjadi. Hal tersebut menyangkut tentang keyakinan karakteristik perilaku pendapat hubungan variabel sekaligus untuk menguji beberapa hipotesis mengenai variabel psikologis dan sosiologis dari sampel. Teknik yang bisa di lakukan untuk pengumpulan data terkait penelitian ini bisa dengan wawancara atau kuesioner.

Metode analisis survei ini bisa dengan metode analisis deskripsi survey, komperatif, asosiatif,  dan juga bisa bersifat hubungan struktural. Kali ini kita tidak akan membahas satu persatu dari metode-metode yang ada tetapi hanya berfokus pada metode deskriptif saja.

Apa Itu Metode Analisis Deskriptif Survei?

Metode analisis deskriptif survei merupakan suatu metode penelitian yang melalui proses pengambilan sampel dari sebuah populasi melalui pengumpulan data dengan kuisioner. Data dan informasi yang terkumpul dari sampel didapatkan dengan hasil respon mereka terhadap kuesioner yang diberikan.

Bagaimana Proses Penelitiannya?

Semua penelitian pasti melewati proses melalui teknik penelitian ilmiah. Teknis sederhana yang bisa diterapkan pada metode penelitian ini diantaranya:

1. Menentukan rumusan masalah dan tujuan penelitian survei.

2. Cari tahu manfaat penelitian survei baik secara akademik atau praktis.

3. Tentukan hipotesis dan konsep penelitian.

4. Lakukan pengumpulan informasi Hasil studi terkait.

5. Tentukan sampel dari populasi yang dipilih.

6. Buat angket atau kuesioner.

7. Mulai menganalisis data.

8. Laporkan hasil analisis secara tertulis.

Itulah pembaca seputar metode analisis kuantitatif deskripsi survei.