Penelitian adalah sebuah proses mencari dan menemukan informasi dengan sistematis serta terkontrol yang kemudian didasarkan pada teori. Selain itu, penelitian ini juga akan dilakukan dengan analisis data yang sistematis dan logis agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Jika ingin melakukan kegiatan penelitian, maka seseorang harus menggunakan metode-metode tertentu yang sesuai dengan jenis penelitian yang dilakukan agar bisa menghasilkan tujuan yang diimpikan. Perlu diketahui, bahwa metodologi adalah sebuah cara yang digunakan untuk memperoleh suatu kebenaran dengan melakukan penelusuran.

Salah satu metodologi atau metode yang biasa digunakan dalam kegiatan penelitian yaitu metode analisis regresi linier berganda dengan moderasi. Adapun informasi lebih lanjut mengenai metodologi di atas, maka akan dijelaskan di bawah ini.

Apa Itu Metode Analisis Regresi Linear Berganda Dan Moderasi?

Definisi dari analisis regresi linear berganda adalah sebuah hubungan secara linier yang terjadi antara dua atau bahkan lebih variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y). Dengan begitu, maka data yang akan digunakan biasanya merupakan data yang berskala interval atau rasio.

Sedangkan variabel moderasi merupakan sebuah variabel yang akan mempengaruhi, baik itu memperkuat atau bahkan memperlemah hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.

Kapan Metode Analisis Regresi Linear Berganda Digunakan?

Metode analisis regresi linear berganda akan digunakan jika penelitian yang akan dilakukan tersebut bertujuan untuk meramalkan keadaan sebuah variabel dependen apabila dua atau bahkan lebih variabel independen sebagai prediktor dimanipulasi nilainya.

Selain itu, metode ini juga digunakan untuk mendapatkan koefisien regresi yang nantinya bisa digunakan untuk menentukan apakah hipotesis yang sudah dibuat akan diterima atau bahkan ditolak

Kemudian, analisis yang satu ini juga digunakan untuk menguji seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yang mana dalam proses pengerjaannya menggunakan uji interaksi yang disebut dengan Moderated Regression Analysis (MRA).

Itulah sedikit penjelasan mengenaimetode analisis regresi linier berganda dengan moderasisebagai salah satu metode penelitian kuantitatif yang sering digunakan oleh para peneliti untuk mendapatkan kebenaran yang diinginkan.