Mengenal ArcMap, Fitur Utama Software ArcGis – Dunia spasial merupakan salah satu bidang yang sering digunakan dalam berbagai kebutuhan data dan berkaitan langsung dengan bidang lainnya. Mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, hingga sosial masyarakat seringkali membutuhkan jasa para penggiat di bidang spasial untuk mengolah data yang dibutuhkan.

Tidak heran jika bidang spasial memiliki berbagai software canggih yang digunakan untuk membuat peta dan mengolah data lainnya. Salah satu software yang banyak digunakan di dunia spasial adalah ArcGis yang dikembangkan oleh ESRI.

ArcGis dikenal memiliki beberapa fitur canggih yang mendukung dan menjadi senjata utama software ini. Salah satu fitur utama yang dikenal memiliki peranan penting dalam software ArcGis adalah ArcMap. Menurut GIS Consortium Aceh, fitur ini merupakan modul utama dalam software ArcGis yang memiliki berbagai fungsi mulai dari membuat, menampilkan, memilih, mengedit, composing, hingga publishing peta atau data yang ada dalam software ArcGis. Bukan hanya itu, fitur ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan penjelajahan data dan melakukan analisa SIG sehingga data yang diolah lebih akurat

Dalam fitur ini juga terdapat beberapa bagian yang memiliki fungsi tertentu diantaranya :

  1. Table of content : fitur yang digunakan untuk mengatur susunan layer, melihat sistem koordinat serta membuka tabel atribut data spasial
  2. Menu bar : kumpulan menu dalam fitur ArcMap
  3. Map area : area yang memperlihatkan data spasial yang sedang diolah
  4. Arc Toolbox : fitur yang merupakan kumpulan dari berbagai tools atau alat yang digunakan untuk mengolah data spasial
  5. Tool bar : kumpulan tools yang berkaitan erat dengan pengoperasian fitur keseluruhan

Bagian-bagian dalam fitur software ArcGis ini dinilai sebagai salah satu fitur paling lengkap yang mampu membuat seluruh data spasial terolah dengan sempurna. Untuk dapat menyelesaikan satu peta tematik menggunakan fitur ini, perlu keahlian khusus dan pemahaman menyeluruh terhadap fitur dan tools yang digunakan.

Jika tidak dipahami dengan benar, maka potensi terjadi kesalahan terhadap peta yang dibuat cukup tinggi. Jika terdapat kesalahan dalam pembuatan peta, maka data dalam peta output tersebut tidak akan bisa digunakan dalam berbagai bidang terkait.

Fitur ArcMap ini bisa digunakan untuk pembuatan peta secara keseluruhan hingga peta tersebut dapat dicetak dan digunakan dalam berbagai kebutuhan. Fitur ini juga bisa membantu untuk membuat peta dengan berbagai keterangan tambahan seperti label, legenda, hingga skala.

Keberadaan fitur ini memang memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap performa software ArcGis secara keseluruhan. Meski terdapat fitur lain dalam software ArcGis seperti ArcCatalog, ArcScene, dan ArcGlobe, namun fitur yang satu ini dinilai memiliki performa paling sempurna dibandingkan dengan fitur lain. Berbagai kalangan di dunia spasial bahkan menilai bahwa memahami fitur ArcMap dengan baik saja sudah cukup untuk membuat dan menghasilkan peta tematik yang lengkap. Peta tematik yang lengkap bisa melengkapi data dalam berbagai bidang dengan sempurna dan memberikan manfaat sebagai acuan data yang akurat.