Phyton : Software Analisis Data Multi Fungsi – Di era teknologi yang semakin pesat ini, penggunaan analisis data menjadi suatu hal yang cukup marak terjadi. Pasalnya, berbekal dengan data-data tersebut maka banyak informasi dan insight yang bisa diperoleh untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari riset, pemrograman, bisnis, dan lain sebagainya.

Untuk menunjang proses analisis data, kini semakin banyak bermunculan tools ataupun perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membantu proses analisis. Salah satunya adalah perangkat lunak yang bernama Phyton. Bahasa pemrograman yang satu ini kerap digunakan pada beberapa sektor termasuk untuk kebutuhan analisis data.

Mengenal Apa Itu Phyton

Secara sederhana, Phyton merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk berbagai fungsi termasuk untuk pengembangan perangkat lunak. Bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang bisa didapatkan dari penggunaan bahasa pemrograman Phyton.

  • Dapat digunakan untuk proses pengembangan aplikasi web dan juga bagian back end (pada pengembangan sisi server).
  • Bisa digunakan untuk proses pengembangan aplikasi maupun perangkat lunak untuk dekstop/PC.
  • Menulis script untuk sistem agar bisa melakukan suatu aktivitas tertentu seperti pada Machine Learning.
  • Bisa digunakan untuk memproses data besar (Big Data) dan juga untuk perhitungan matematisnya.

Banyaknya fungsi yang bisa ditangani oleh Phyton membuatnya menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam berbagai bidang.Gambaran Sederhana Mengolah Data Menggunakan Phyton

Sebagai salah satu tools yang banyak digunakan untuk metode analisis data, proses pengolahan data menggunakan Phyton pun tidak terlalu sukar. Untuk bisa melakukan proses pengolahan data Anda memerlukan beberapa jenis library yang bisa langsung diinstal pada bahasa pemrograman tersebut. Jenis library yang diperlukan antara lain NumPy, Sklearn, MathPlotLib untuk visualisasi data analisis.

Kalau Anda sudah memiliki perlengkapan yang dibutuhkan, berikut ini adalah gambaran umum cara pengolahan data menggunakan bahasa pemrograman Phyton :

  1. Langkah pertama adalah mengimpor data mentah yang memiliki format csv ke Phyton dengan menggunakan Library yang ada.
  2. Langkah berikutnya adalah melakukan eksplorassi data dan juga data pre-processing dengan menggunakan Library NumPy serta Sklearn.
  3. Jika sudah, maka Ada bisa melakukan visualisasi persebaran data dengan menggunakan library MathPlotLib.
  4. Kemudian Anda bisa juga membuat model data mining dengan memakai fitur Machine Learning.
  5. Tahapan berikutnya adalah melakukan proses evaluasi terhadap model analisis yang sudah dibuat. Proses evaluasi ini meliputi banyak hal mulai dari tingkat akurasi, presisi, dan bahkan juga sensitivitas yang dimiliki oleh model tersebut.
  6. Setelah semuanya tepat maka tahap terakhir yang perlu dilakukan adalah merepresentasikan hasil analisis tersebut ke dalam bentuk yang mudah dipahami oleh orang awam.

Demikianlah ulasan singkat mengenai bahasa pemrograman Phyton yang bisa digunakan berbagai keperluan, termasuk di dalamnya adalah analisis data. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi terkait dengan tools untuk analisis.