Mengenal Program Plaxis untuk Berbagai Penelitian – Penelitian tentu membutuhkan aplikasi dan program untuk membuat proses analisis dan perhitungan menjadi lebih mudah. Salah satu program yang bisa digunakan adalah Plaxis, program ini umumnya digunakan untuk mereka yang bergelut di bidang teknik sipil.

Untuk Anda yang baru pertama kali mengenal program ini, berikut adalah beberapa penjelasan yang berkaitan dengannya. Dengan mengetahui beragam informasi dan teknisnya, penggunaan aplikasi ini menjadi lebih mudah untuk digunakan.

Pengertian Program Plaxis

Plaxis merupakan program analisis geoteknis, program ini baru saja mendapatkan versi pembaruan, sehingga lebih kompatibel untuk digunakan. Fungsi dari program ini adalah menganlisa stabilitas pada tanah, program ini tidak bisa berdiri sendiri, ada metode dan elemen tertentu yang digunakan untuk membuat hasil yang didapatkan sesuai dengan perilaku tanah sebenarnya.

Ada berbagai analisis yang disediakan oleh program ini, diantaranya adalah displacemet atau perpindahan tempat yang tidak semestinya di tanah, factor keamanan pada lereng, hingga tegangan yang mungkin terjadi di dalam tanah.

Aplikasi ini lebih sering digunakan oleh mereka yang bekerja di bidang geoteknik, geografi dan juga ilmu pertanahan. Namun mereka yang masih bersinggungan dengan penelitian terkait dengan tanah bisa menggunakan aplikasi dan program yang satu ini.

Teknis Menggunakan Plexis

Untuk menggunakan Plexis, Anda harus mengetahui terkait dengan perencanaan dan pembuatan konstruksi sipil. Jangan lupa untu mempertimbangkan konstruksi dan keadaan tanah yang hendak digunakan untuk melakukan penelitian. Ada beberapa ikon yang harus diketahui selama penggunaan Plexis, diantaranya:

  • Geometry Model

Merupakan ikon yang digunakan untuk menginput keadaan tanah, diantaranya sub menu yang ada di dalamnya adalah data tanah, lapisan tanah, langkah konstruksi, kondisi batas grafis dan lain sebagainya.

  • Beams

Dalam aplikasi ini, Anda juga bisa menggunakan Beams, fungsi yang dipakai untuk menghitung penahan tanah, struktur terowongan, hingga mendifinisikan tingkat kelenturan pada tanah.

  • Interfaces

Merupakan fungsi Plexis yang digunakan untuk menyambungkan berbagai data yang sudah di-input sebelumnya. Interface juga bisa digunakan untuk menstimulasikan lapisan tipis di permukaan tanah, adanya pergeseran pondasi dan yang lainnya.

  • Anchors

Berikutnya adalah Anchors, merupakan fungsi yang dipakai sebagai model pegas elastoplastis. Dengan menggunakan fungsi ini,Anda bisa mengukur tingkat kekakuan dan gaya yang diterima, sehingga data yang didapatkan sesuai dengan keadaan tanah.

  • Tunnels

Sesuai dengan namanya, dalam aplikasi ini Tunnels digunakan untuk mengukur terowongan di dalam tanah. Fungsi ini juga bisa digunakan memasukkan permodelan dan struktur terowongan. Demikianlah informasi singkat mengenai program dan aplikasi Plexis, meskipun terlihat rumit, Anda tetap bisa menggunakannya untuk menujang proses penelitian. Jangan lupa, agar lebih mudah menggunakannya, Anda tetap harus menguasai teori dan konsep terkait dengan mekanika tanah.