Sensitivity Analysis atau analisis sensitivitas merupakan salah satu studi mengenai ketidakpastian di dalam hasil dari sebuah sistem atau model matematika. Hal tersebut berlaku baik dalam bentuk numerikal atau bentuk lainnya yang bisa disebabkan oleh sumber ketidakpastian yang berbeda-beda.

Metode ini bersifat cukup luas untuk bisa digunakan dalam berbagai bidang ilmu seperti ekonomi, geografi, teknik ataupun biologi. Untuk bidang ekonomi atau financial maka metode tersebut memiliki arti tersendiri di mana metode ini dapat menentukan nilai nilai berbeda dari sebuah variabel independen.

Variabel independen ini mempengaruhi variabel dependen tertentu yang berada di bawah asumsi yang sudah diberikan. Pengaplikasian metode Sensitivity Analysis ini bisa digunakan pada batas spesifik yang bergantung pada satu variabel input ataupun lebih. Dalam hal ekonomi contohnya bisa terjadi pada pengaruh perubahan suku bunga atau variabel independen terhadap harga obligasi atau variabel dependen.

Konsep Analisis

Konsep analisis ini lebih banyak diterapkan pada dunia ekonomi dan finansial sehingga dapat memahami dampak yang ditimbulkan sekelompok variabel tertentu. Analisis sensitifitas cukup berbeda dengan analisis skenario di mana analisis sensitifitas akan menggunakan variabel yang ada untuk menghitung hasil yang bisa muncul.

Untuk hal ini analisis skenario akan lebih fokus terhadap penentuan skenario khusus seperti perubahan regulasi industri yang bisa mempengaruhi hasilnya. Metode Sensitivity Analysis seringkali disebut dengan analisis what if dalam dunia finansial. Metode tersebut dapat digunakan untuk memprediksi hasil dari tindakan atau keputusan yang spesifik untuk digunakan pada kondisi tertentu.

Metode tersebut akan dilakukan pada batas yang ditentukan oleh serangkaian variabel input. Misalnya saja untuk mempelajari dampak perubahan suku bunga terhadap harga obligasi. Untuk penggunaannya maka dibuatlah sebuah pertanyaan berupa “apa yang akan terjadi pada harga obligasi jika suku bunga naik 1%?”. Jawabannya dapat diuraikan dalam Microsoft Excel.

Kegunaan

Salah satu kegunaan terbesar dari metode sensitivity analysis ialah dalam pengambilan keputusan. Setiap bahan yang diperlukan bisa dimanfaatkan secara penuh dengan menggunakan metode tersebut secara berulang. Hal tersebut bisa memudahkan para analis keputusan dalam memahami ketidakpastian yang bisa saja muncul.

Sisi negatif dan positif dari sebuah model keputusan seringkali muncul terutama dalam dunia ekonomi sehingga proses analisis sensitivitas bisa dilakukan. Seorang direktur perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi akan sangat dibantu dengan adanya analisis seperti ini sehingga dapat memahami risiko risiko yang mungkin terjadi dari keputusan yang akan diambil.

Kesimpulan dari pembahasan tersebut bahwa metode Sensitivity Analysis memiliki peranan yang cukup penting untuk bisa memperkirakan hasil penjualan sebuah produk. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengikutsertakan variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil. Anda bisa menggunakan metode ini untuk mendapatkan hasil keputusan yang cukup akurat.