GC-MS merupakan metode analisis fitur kromatografi gas dan spektrometri massa yang digabungkan untuk mengidentifikasi zat yan baerlainan dalam sampel uji. Pada tahun 1964, Electronic Associates, Inc. (EAI) , mengembangkan spektrometer massa quadrupole yang dikontrol komputer dengan arahan Robert E. Finnigan.

GC-MS dapat diaplikasikan untuk investigasi kebakaran, deteksi obat, analisis lingkungan, investigasi bahan peledak dan sampel yang tidak terbaca seperti sampel yang diperoleh dari planet selama penelitian dari tahun 1970-an.

Selain untuk menganalisis beberapa kepentingan di atas GC-MS juga bisa digunakan untuk mendeteksi zat di Bekasi mengidentifikasi elemen pada bahan sebelumnya, seperti kromatografi cair spektrometri massa mendukung analisis deteksi berapa zat dengan volume kecil.

Hasil tes spesifik 100%  untuk mengukur metode GC-MS membuat pengaplikasiannya kini telah diklaim sebagai standar emas untuk zat forensik. Sedangkan secara non spesifiknya hanya menunjukkan salah satu dari beberapa kategori zat yang ada. Tetapi walaupun begitu tes non spesifik ini ini dapat menunjukkan identitas zat dengan baik.

Untuk lebih jelasnya bisa Anda simak kegunaan dari metode analisis GC-MS di bawah ini:

Pemantauan Lingkungan

Metode ini dapat menjadi pilihan untuk mendeteksi polutan organik di lingkungan. Alat GC MS benar-benar dapat diandalkan untuk meningkatkan adopsi dalam studi lingkungan dengan hasil nyata.

Kriminal Forensik

Gc-ms dapat menganalisis kriminal forensik sebab dapat mendeteksi partikel dari tubuh manusia untuk membantu menghubungkan kejahatan dengan kejahatan. Misalnya adalah menganalisis bekas kebakaran, GC MS efektif dalam masalah ini sebab sampel seringkali berisi matriks dan hasil yang sangat kompleks dan akurat untuk dirundingkan di pengadilan.

Penegakan Hukum

Penggunaan metode GC MS sebagai penegak hukum adalah fungsinya yang dapat mendeteksi ilegal seperti pelacak obat. Misalnya penggunaan ganja dengan menggunakan metode ini identifikasi terhadap metabolit asam  (THC), ganja, dengan upaya sampel urin melalui penggunaan derivatisasi dalam menyajikan sampel.

Selain itu, GC-MS juga bisa sebagai alat analisis forensik toksikologi untuk menemukan obat dan/atau racun dalam spesimen biologi tersangka, korban, atau orang yang meninggal.

Analisis Anti-doping Olahraga

Atlet dapat diuji dengan sampel orangnya dengan GC MS anti doping olahraga. Atlet seperti penggunaan steroid anabolik dan peningkat kinerja terlarang lainnya. Tentu saja dengan memanfaatkan metode analisis ini dapat memberikan keamanan terbaik bagi para atlet. Stamina bukan hanya tahan sementara tetapi dalam waktu jangka panjang melalui upaya menghindari peningkat kinerja terlarang tersebut.           

Itulah pembaca sekilas tentang metode GC-MS dan kegunaannya yang sangat berperan dalam membantu kebutuhan kita sehari-hari. Dengan pengembangan metode ini dengan mudah mendeteksi kriminal penggunaan obat terlarang dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan mengandalkan alat GC-MS yang ada.