Dalam dunia analisis modern, dikenal salah satu metode analisis yang cukup powefull untuk melakukan proses pemetaan dan analisis yakni metode RAL Split Plot. Jenis analisis  yang satu ini semakin populer dan banyak digunakan karena kekuatan dan kemampuannya yang terbilang cukup efektif untuk melakukan analisis dalam banyak kasus.

Pengertian Metode RAL Split Plot in Time

Sebelum melangkah pada pembahasan yang lebih jauh, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui secara sekilas tentang pengertian dari metode analisis yang satu ini. Pemahaman terhadap pengertian dan deskripsi dari  metode ini akan membuat Anda menjadi semakin paham dengan materi analisis yang satu ini.

Secara sederhana, ekspersiman RAL Split Plot merupakan sebuah metode eksperimen yang terdiri dari dua jenis satuan percobaan dengan rancangan lingkungan untuk kedua jenis satuan tersebut bisa dengan menggunakan rancangan dasar RAL, rancanga RAKL, dan bahkan bisa juga menggunakan rancangan RSBL.

Para RAL Split-Plot In Time maka analisis percobaan yang dilakukan akan diulang pada beberapa waktu yang berbeda. Hal ini bertujuan agar metode RAL Split Plot in time ini bisa memberikan hasil analisis yang terbaik untuk kasus yang sedang dikaji sehingga bisa memberikan nilai keuntungan yang optimal dan maksimal.

Metode analisis eksperimen ini bisa digunakan dalam ranah sektor yang cukup luas mulai dari sektor pertanian dan bahkan juga peternakan.

Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Metode Split-Plot

Secara umum ada beberapa kasus yang bisa mempengaruhi penggunaan metode Split-Plot dalam suatu analisis hasil eksperimen. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan metode analisis yang satu ini.

Derajat Ketepatan Yang Diharapkan Dari Hasil Eksperimen

Untuk bisa menggunakan metode RAL Split-in time diperlukan kecermatan dan kehati-hatian agar penggunaan metode ini menjadi tepat guna. Untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik, Anda perlu menentukan faktor anak petak dan juga petak utama secara tepat agar proses eksperimen yang dilakukan bisa memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Ukuran Nisbah Terkait Dengan Pengaruh Utama

Ketika para peneliti mengharapkan agar pengaruh utama dari salah satu faktor diharapkan bisa lebih besar dan mudah terllihat bila dibandingkan dengan faktor yang lainnya maka Anda perlu menempatkan faktor tersebut sebagai petak utama dan faktor lainnya sebagai komponen faktor anak petak.

Sebagai contoh, jika Anda ingin bisa mengetahui jarak tanam yang efektif pada suatu jenis varietas tanaman maka Anda bisa meletakkan varietas tanaman pada faktor utama sedangkan jarak tanam bis Anda perlakukan sebagai faktor anak petak.

Faktor Praktik Pengelolaan

Penempatan perlakukan faktor petak utama dan anak petak perlu dilakukan berdasarka analisis dan pertimbangan praktis yang ada di lapangan.

Demikianlah pembahasan mengenai metode RAL Split Plot in time yang harus Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan yang telah dibahas tersebut semoga Anda bisa semakin memahami mengenai pentingnya analisis RAL Split-plot dalam eksperimen.