Seperti yang kita ketahui cabang keilmuan buatan memiliki cakupan yang cukup luas. Hal ini juga berkaitan erat dengan disiplin ilmu yang lain. Anda dapat melihat buktinya dari berbagai aplikasi yang dikombinasikan dengan berbagai ilmu.

Terutama di era yang serba maju seperti sekarang ini. Sudah banyak aplikasi smartphone yang biasa kita gunakan untuk mencari berbagai informasi. Salah satunya ada pula perkembangan mutakhir dari segi peralatan medis yang dikemas dengan aplikasi.

Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan ilmu pengetahuan saat ini semakin luas dengan cakupannya yang lebih mudah untuk dijangkau. Perpaduan ilmu buatan dan juga media khususnya ilmu biologi dapat dengan baik terkoneksi untuk memudahkan kita sebagai masyarakat pada umumnya.

Apa Itu Metode Neural Network?

Jika Anda masih asing dengan metode ini sebenarnya Metode Neural Network merupakan salah satu dari kategori ilmu soft computing. Metode ini sendiri diambil dari kemampuan otak manusia yang dapat memberikan rangsangan, mengolah proses dan memberikan output yang jelas.

Output yang didapat dari proses variasi stimulasi tersebut didapatkan dari hasil kerja otak kita. Contohnya ketika anak-anak sedang belajar untuk berjalan. Tentu saja, otak akan memproses berbagai informasi komplek yang merupakan hasil dari sistem kerja di otak bekerja.

Biasanya anak juga akan diperkenalkan pada pengetahuan algoritma untuk mengetahui seberapa jauh kemampuannya. Nah, kekuatan dari komputasi yang luar biasa ini merupakan salah satu kemajuan dan keunggulan dari peradaban kajian ilmu pengetahuan yang ada.

Untuk sejarahnya sendiri, Metode Neural Network pertama kali dikembangkan pada tahun 1943 yang diperkenalkan oleh McCulloch dan Walter Pitts. Keduanya memperkenalkan model perhitungan Metode Neural Network dengan kombinasi beberapa processing unit yang sederhana.

Kemudian secara bersama-sama memberikan peningkatan pada seluruh aspek komputasi. Kemudian di tahun 1950 penelitian ini dilanjutkan oleh Rosenblatt yang mana berhasil menemukan two-layer network atau yang kemudian dikenal sebagai perceptron.

Hal inilah yang kemudian memungkinkan untuk melakukan pekerjaan klarifikasi pembelajaran dengan memberikan penambahan bobot pada setiap koneksinya. Meskipun penemuan ini belum dianggap sempurna. Namun, dekade selanjutnya ada banyak peneliti lainnnya yang kemduian mengembankan Metode Neural Network.

Fungsi Metode Neural Network

Sampai saat ini Metode Neural Network sudah banyak dilakukan pada berbagai jenis penelitian. Baik itu classification, recognition, approximation, prediction, clusterization, memory simulation dan banyak task-task berbeda yang lainnya.

Dan sampai saat ini metode ini terus mengalami kemajuan di mana jumlahnya terus meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Ada beberapa fungsi dari metode ini yang bisa Anda ketahui :

1.       Pengklasifikasian pola

2.       Memetakan pola yang didapat dari input ke dalam pola baru pada output

3.       Penyimpan pola yang akan dipanggil kembali

4.       Memetakan pola-pola yang sejenis

5.       Pengoptimasi permasalahan

6.       Prediksi

Itulah ringkasan dari dasar penggunaan Metode Neural Networkyang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat suatu penelitian. Semoga membantu!