Sekarang ini sudah ada banyak software yang berguna untuk menganalisis data. Salah satunya yang paling populer adalah STATA. Tentu tidak ada salahnya apabila Anda mencoba menggunakannya contohnya dengan memanfaatkan metode regresi linear moderasi.

Mengenal Software STATA

Perlu Anda ketahui, bahwa STATA adalah sebuah program statistik yang memiliki fitur lengkap. Tidak heran jika menjadi program paling populer dengan pengguna para peneliti di berbagai kalangan untuk menganalisis sekaligus mengolah data sesuai kebutuhan mereka.

Secara umum proses analisis data dengan software satu ini terdapat tiga proses. Mulai dari memasukkan dataset ke memori, mengolah dataset dengan seperangkat perintah, kemudian menyimpan ataupun menampilkan output. Tentu saja penggunaannya sangat praktis.

Sekarang ini sendiri STATA versi 11,12, dan 13 terbilang sudah cukup Anda gunakan untuk melakukan analisis data. Asalkan menggunakannya secara original. Pasalnya, jika tidak original maka tentu saja data menjadi kurang valid hasilnya.

Apa Itu Regresi Linear Moderasi?

Regresi linear merupakan sebuah metode statistika yang berguna untuk mencari tahu hubungan antara variabel terikat dengan satu/lebih variabel bebas. Tidak heran jika banyak yang menjadikannya sebagai salah satu model analisis sederhana dengan data rasio atau interval pada STATA.

Saat menggunakannya, maka peneliti dapat melakukan prediksi sesuai data-data yang ada. Umumnya, regresi tersebut seseorang gunakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah variabel bebas mempunyai korelasi dengan variabel terikat.

Analisis tersebut juga dapat bermanfaat untuk mengetahui variabel mana saja yang dapat memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Tentu tidak ada salahnya apabila Anda ingin menggunakan metode tersebut saat melakukan penelitian.

Jenis-jenis Regresi Linear

Saat ingin melakukan analisis dengan metode regresi linear, maka seseorang perlu memilih jenisnya terlebih dahulu. Oleh sebab itu, pahamai dahulu apa saja jenisnya. Tidak lain yakni regresi linear sederhana. Umumnya berguna untuk mencari tahu korelasi variabel terikat dan bebas.

Regresi linear sederhana ini sendiri hanya ada satu variabel terikat dan bebas. Saat menggunakannya, maka bisa memahami prediksi besar dan hubungan antara kedua variabel tersebut. Jenis lainnya adalah regresi linear berganda. Umumnya berguna untuk mencari tahu korelasi variabel bebas dan terikat.

Akan tetapi, pada analisis tersebut jumlah variabel bebasnya memiliki jumlah lebih dari satu. Untuk menggunakannya, maka perlu memenuhi dahulu data interval/rasio, residual bersifat normal, mempunyai linearitas, dan terhindar dari heteroskedastitas.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai regresi linear moderasi pada STATA. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah apabila ingin menggunakan software tersebut. Terlebih, perangkat lunak satu ini sudah ada banyak penggunanya karena memang sangat populer.