Ketika melakukan suatu penelitian, maka Anda bisa menggunakan metode lexicon based. Metode analisis ini cocok untuk Anda yang melakukan penelitian mengenai dampak suatu kebijakan pada objek yang telah ditentukan.

Agar mendapatkan hasil yang lebih menyeluruh, menggunakan metode lexicon based bisa menjadi pilihan yang tepat. Metode ini dipilih karena mampu mengurangi bias yang mungkin terjadi karena hal yang subtansial, namun tidak serta merta menghilangkan bias.

Metode ini secara otomatis mengklasifikasikan teks opini dengan menguji data latih berupa teks opini yang sebelumnya diklasifikasikan secara manual. Metode berbasis leksikon tentu dapat mengekstrak opini dengan akurasi yang sangat tinggi. Namun, nilai pemulihan akan lebih rendah.

Aspek Penting Dalam Metode Lexicon Based

Jika Anda hendak menggunakan metode ini, Anda harus memperhatikan aspek yang hendak digunakan. Untuk metode lexicon based, Anda harus mendapatkan pengujian menggunakan beberapa tools berikut ini:

– Awario

Awario adalah alat analisis dan pemantauan jaringan sosial. Alat-alat ini mencakup semua jaringan media sosial, berita, blog, forum, dan situs web. Ini mencakup analisis sentimen yang dapat menunjukkan seberapa baik perasaan Anda tentang merek Anda dari waktu ke waktu.

– Brandwatch

Brandwatch adalah alat pemantauan dan analisis media sosial lain yang dapat Anda gunakan untuk analisis sentimen. Alat ini menganalisis sentimen merek dan mengungkapkan tren saat ini. Selain itu, alat ini memiliki fitur “Wawasan Gambar” yang memungkinkan Anda mengidentifikasi gambar logo merek Anda sebagai tema yang dapat dikaitkan dengan nama merek Anda.

Selain itu, alat ini memiliki fitur ‘gambar dalam’ yang memungkinkan Anda mengidentifikasi gambar logo merek Anda sebagai tema yang dapat dikaitkan dengan nama merek Anda. Dengan cara ini Anda dapat menemukan gambar di situs web dengan logo merek.

– Lexalytics

Lealytics menyediakan alat analisis teks salah satunya untuk metode lexicon based dalam membantu menjelaskan mengapa pelanggan bereaksi terhadap bisnis Anda sebagaimana adanya. Alat-alat ini dapat melakukan analisis sentimen untuk menentukan maksud di balik pesan pelanggan.

– Sosial Mentions

Alat analisis sosial gratis. Sebutan sosial dapat digunakan untuk menangkap data kata kunci dari situs media sosial dan menggabungkannya menjadi ringkasan yang komprehensif.

Cara Menggunakan Metode Lexicon Based

Tahap penggunaan kosakata berbasis kosakata untuk mengidentifikasi kategori emosional pada media sosial Twitter dan Instagram.

1. Buat kamus emosi yang dapat dibagi menjadi emosi positif dan negatif. Dalam penelitian ini, kamus emosi dikembangkan oleh Rofiqoh dan kawan-kawan dan bukan didapat dari penelitian. Kemudian ditambahkan secara manual sesuai kebutuhan peneliti.

2. Pada tahap preprocessing analisis leksikal, terdapat perbedaan analisis yang menggunakan support vector machine. Perbedaannya adalah tidak ada pembobotan kata atau langkah ekstraksi fitur. Langkah yang biasa dilakukan adalah pembersihan, enkripsi, penghapusan password, dan pembuatan path.

Demikianlah penjelasan metode lexicon based, semoga bisa membantu Anda yang hendak menggunakan metode tersebut. Untuk informasi yang lebih lengkap terkait metode ini bisa Anda temukan melalui jurnal dan buku dengan tema serupa.