Systematic review merupakan salah satu metode yang biasanya digunakan dalam penelitian, bahkan disebut-sebut sangat relevan dengan era saat ini. Tak hanya itu, metode ini juga berperan sebagai dasar untuk agenda riset di masa datang dan juga sebagai salah satu kajian yang bisa memberikan masukan terhadap perencanaan implementasi penelitian.

Kemudian untuk langkah dan strategi pelaksanaannya pun systematic review ini sangat terkenal dengan sistemnya yang terencana dan terstruktur sehingga metode ini dianggap sangat berbeda dengan metode yang lainnya yang memang hanya sekedar untuk menyampaikan studi literatur saja.

Untuk lebih jelasnya mengenai metode systematic review ini, maka di bawah ini akan dijelaskan secara rinci mengenai metode yang satu ini.

Definisi Metode Systematic Review

Systematic review merupakan salah satu metode yang biasanya menggunakan review, telaah, evaluasi terstruktur, pengklasifikasian dan pengkategorian dari avidence based- avidence based yang telah dihasilkan sebelumnya.

Tujuan Metode Systematic Review

Tujuan dari systematic review ini yaitu untuk menjawab pertanyaan secara spesifik relevan dan terfokus. Tak hanya itu, systematic review  ini juga  mempelajari hasil riset dan menurunkan bias dari review, kemudian mensintesis hasil dan mengidentifikasi dari riset.

Tak hanya itu, ternyata metode systematic review  ini juga sering dibutuhkan dalam penentuan agenda riset sebagai bagian dari desertasi atau tesis serta juga merupakan bagian yang nantinya mampu melengkapi pengajuan hibah riset.

Langkah-Langkah Dalam Menulis Systematic Review

Adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan metode yang satu ini yaitu melalui beberapa tahapan berikut.

1. Mendefinisikan tujuan dari review dan nantinya menetapkan tipe dari evidence yang akan membantu dalam menjawab tujuan review tersebut

2. Langkah kedua yaitu pencarian literatur yang sudah ditetapkan strateginya.

3. Kemudian dilanjutkan dengan penilaian study yang dilakukan dengan menetapkan kriteria inklusi, termasuk di dalamnya jenis metodologi apakah hanya yang kuantitatif ataukah termasuk riset kualitatif.

4. Selanjutnya yaitu mengkombinasikan hasil dengan cara hasil review setelah dilaksanakan kemudian dikelompokkan setelah mendapatkan makna.

5. Langkah selanjutnya dari pelaksanaan metode systematic review ini yaitu menetapkan hasil yang merupakan penemuan dari pengelompokan yang telah dilaksanakan dan perlu didiskusikan untuk nantinya menyimpulkan konteks atau hasil review.

Jenis-Jenis Metode Systematic Review

Adapun beberapa jenis dari metode yang satu ini adalah sebagai berikut

1. Rapid evidence assessment review adalah evaluasi literatur secara cepat namun tahapan dan komprehensif dari review masih sangat terbatas.

2. User involvement adalah sebuah metode pencarian dan evaluasi literatur yang nantinya digunakan sebagai persyaratan dalam studi awal reset

3. Mixed method yaitu merupakan sebuah metode pencarian dan juga evaluasi literatur dengan cara menggunakan metode yang artinya menggunakan kriteria yang dilaksanakan baik pada riset dengan desain kualitatif atau kuantitatif. Keuntungan dari jenis ini yaitu meningkatkan integritas dari hasil, namun kelemahannya terletak pada ketika ada kategorikal yang masih belum masuk dalam kategori review.

Itulah tadi beberapa informasi seputar systematic review yang bisa Anda ketahui. Informasi di atas hanyalah segelintir ilmu yang bisa Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencari berbagai informasi seputar systematic review ini dari berbagai sumber terpercaya.