Apakah Anda bergelut pada bidang analisis statistik? Pendidikan seperti ini memang cukup sulit alhasil perlu perhatian khusus. Lalu ada salah satu metode dengan nama rasch model yang menjadi salah satu langkah analisa. Apabila belum memahaminya, lebih baik ikuti saja ulasan mengenai Rasch Model.

Analisis Rasch Model ialah?

Perlu dipahami, model rasch ini mampu menghasilkan sebuah analisis statistik dengan kesesuaian yang bisa memberikan informasi apakah memang data itu proses mendapatkannya secara ideal. Kemudian hal tersebut juga akan memberikan gambaran jika peneliti punya abilitas tinggi.

Kemudian saat ini, rasch model juga mampu menghasilkan sebuah instrumen pengukuran jauh lebih akurat. Bahkan ketika melihat beberapa metode lain, rupanya prosedur ini jadi alat analisis yang mampu menguji validitas serta reliabilitas instrumen.

Tapi bukan hanya itu saja, rupanya modal tersebut juga akan melakukan pengujian kesesuaian persen ataupun item secara simultan. Artinya adalah metode seperti ini memang belum ada yang menyaingi sama sekali.

Daftar Kelebihan Rasch Model

Jika Anda penasaran apa saja kelebihan yang bisa pengguna peroleh ketika menggunakan model analisa ini. Maka alangkah baiknya ikuti saja penjelasan tentang manfaatnya. Yakni:

  • Bisa memberikan skala linear dengan ukuran interval sama.
  • Mampu melakukan sebuah prediksi pada data yang hilang sekalipun.
  • Kemampuan dalam memberikan estimasi jauh lebih tepat.
  • Dapat lakukan deteksi ketidaktepatan model.
  • Mampu menghasilkan hasil ukur yang sangat replicable.

Software Winstep untuk Rasch Model

Analisis yang memakai model seperti ini tentu perlu sekali perhitungan matematika dengan jauh lebih rumit. Mungkin inilah kenapa beberapa software sengaja punya desain khusus agar bisa membantu setiap penggunanya dalam pemecahan masalah tersebut.

Salah satunya merupakan software yang bisa melakukan analisis dengan metode ini adalah winstep. Menjadi perangkat lunak dengan adanya basis Windows alhasil bisa membantu komoptasi dari model rasch.

Apalagi jika itu dalam bidang evaluasi pendidikan, analisis skala dan juga survei sikap. Bisa dipastikan winstep ini cocok sekali. Tapi perlu Anda pahami juga penggunaannya wajib melakukan pembelian lisensi terlebih dahulu.

Itulah sekilas informasi mengenai penggunaan Rasch Model yang ada pada software wingstep. Semoga dapat membantu ya.