JASP (Jeffreys Amazing Statistics Program) merupakan aplikasi untuk mengolah data statistik yang dapat Anda akses secara gratis dan bebas. Aplikasi ini meliputi teknik yang lebih kompleks (advance) dengan menekankan pada tampilan utama yang lebih sederhana dan teknik statistik dasar.

JASP menyediakan tampilan sederhana yang berbeda dengan program statistik umumnya. Saat Anda memilih menu dan data tertentu yang mudah diakses, data dianalisis secara langsung (real time) dan pada layar akan terlihat hasilnya.

Tabel dan grafik dapat Anda salin secara langsung atau disimpan secara terpisah dalam format APA (American Psychological Association), atau dapat diekspor dalam format LaTeX. Disamping itu software analisis statistik metode JASP ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan R atau SPSS, diantaranya sebagai berikut:

  1. Gratis

Software ini dapat Anda gunakan baik untuk kepentingan akademis atau bisnis yang dapat didownload di website JASP.

  1. Mudah digunakan

Dengan menggunakan JASP, untuk melakukan analisis statistik Anda hanya tinggal “click and drag” atau klik dan tarik dengan mouse dan tidak lagi berurusan dengan coding.

  1. Tampilan yang Siimpel Namun Menarik dengan Output Standar APA

Output beberapa tabel standar yang perlu dicantumkan dalam laporan ilmiah ditampilkan tidak terlalu banyak agar menghindari kebingungan para pengguna. Tabel dan gambar dalam output tersebut sudah sesuai dengan format standar APA (American Psychological Association).

  1. Menyajikan Menu Analisis yang Lengkap

JASP menyediakan analisis yang lengkap untuk penelitian statistik yang umum digunakan baik untuk statistik deskripstif, uji reliabilitas, uji asumsi, analisis regresi, uji beda, analisis faktor, SEM, meta analisis, dan analisis network.

  1. Dapat Melakukan Analisis Bayesian

Dalam menganalisis Metode JASP memakai dua pilihan yaitu analisis frequentist dan analisis bayesian. Analisis frequentist adalah analisis yang sering digunakan dan diajarkan di perkuliahan dan menjadi analisis klasik. Sedangkan Metode pendugaan Bayesian proses pendugaan dilakukan dengan memanfaatkan dua hal, yaitu data yang Anda miliki dan informasi awal mengenai kasus yang diicarakan.   

  1. Dapat Mengimpor Data dari Berbagai Format

Anda tidak perlu lagi untuk mengedit-edit data yang tersimpan di SPSS atau excel JASP karena sudah didukung dengan berbagai macam format data seperti sav, txt, dan csv.

  1. Terintegrasi dengan Open Science Framework (OSF)

JASP juga dapat dipakai open science dimana semua data dapat diakses oleh orang lain dan bersifat transparan. Selain itu dalam melakukan penelitian kolaboratif dengan Integrasi OSF akan dimudahkan dengan peneliti dari berbagai tempat.

Dengan adanya open science ini, semua laporan menjadi lebih transparan dan akan jauh lebih mudah untuk berkomunikasi dengan kolaborator peneliti lainnya.

Itu dia beberapa hal mengenai metode JASP dan kelebihan yang dimilikinya. Untuk mendapatkan JASP Anda dapat mengunduhnya di situs web yang tersedia.