Apakah Anda pernah mendengar item response teori? Sepertinya metode seperti ini memang kerap kali terpakai untuk masalah perhitungan matematika. Tapi ketika masih belum paham, lebih baik ikuti saja ulasan mengenai IRT.

Definisi Singkat IRT

Sistem Item Response Theory (IRT) atau bisa disebut juga teori respons butir. Sebetulnya menjadi model matematika untuk memperhitungkan kemungkinan apabila orang memberikan jawaban dengan benar pada setiap itemnya.

Nantinya berdasarkan dari jurnal, skor tersebut bisa Anda peroleh pada akhir dari tes. Memang bukan dari hasil nilai ujian akan tetapi estimasi kemampuan itu lebih terkenal menjadi theta. Jika saja punya nilai variasi antara + 3 sampai -3.

Sistem Pada Penilaian IRT?

Perlu  pengguna ketahui, sebetulnya ini masuk ke dalam teori respon butir atau sistem penilaian yang nantinya lebih mengutamakan karakteristik dari seluruh soal. Alhasil ketika pertanyaan itu semakin sulit tentu skornya jauh lebih tinggi bukan.

Lalu, ternyata sistem penilaian ini pun bukan hanya melakukan perhitungan dari jumlah soal yang sudah berhasil dijawab oleh setiap peserta. Tapi akan memberikan pertimbangan tentang seberapa tinggi tingkat dari kesulitan pertanyaan tersebut.

Namun tentu saja apabila peserta itu sudah berhasil menjawab soal-soal yang memang dianggap sangat sulit. Artinya bobot dari skor itu akan jauh lebih besar dibandingkan dengan pertanyaan lainnya.

Apa Itu Xcalibre?

Penggunaan dari metode seperti pada bagian atas, tentu saja tak bisa berjalan dengan baik ketika Anda tak mampu menggunakan software. Tapi apakah ada perangkat lunak yang sangat direkomendasikan? Jawabannya ialah Xcalibre. Berikut ini merupakan keuntungannya:

  1. Gampang dan Laporan Otomatis

Apabila Anda memutuskan pakai software ini, artinya segala macam prosesnya memang gampang karena opsi tampilan dalam antarmuka itu sangat sederhana. Bahkan tidak perlu lagi punya keterampilan seperti pengkodean.

Karena laporan pun bisa secara otomatis, maka tentunya bisa hemat waktu berjam-jam. Rupanya saat pakai Xcalibre ini semua data hanya perlu copy paste saja. Cukup menarik bukan?.

  • Fleksibel dan Dukung Semua Model IRT

Penggunaan dari software ini rupanya ketika melakukan analisis dengan kumpulan data besar, kemudian ada studi persamaan segala macamnya memang sangat fleksibel. Ini tentunya saja jadi teknologi keren dan memudahkan kegiatan.

Kemudian ternyata software tersebut mampu menggunakan model item respons theory dengan jenis apapun. Lumayan oke bukan software IRT ini? Tentu saja Anda tak akan kecewa dan bisa menghemat waktu bahkan tenaga. Apabila memakai perangkat lunak tersebut.