Spektrometer massa perangkap ion Bruker Amazon Speed ​​ETD (kiri) dan sistem kromatografi cair kinerja tinggi Dionex Ultimate 3000 (kanan), terdiri dari sistem LC MS/MS.

LC-MS (Liquid Chromatography-Mass Spectometri) atau bila dalam Bahasa Indonesia adalah Kromatografi Cair-Spektrometri Massa ini merupakan sebuah teknik kimia analisis. Seperti namanya, Kromatografi Cair-Spektrometri Massa menggunakan sistem pemisahan cair dan menggunakan krematografi massa untuk sistem deteksinya. Oleh karena itu, teknik kimia analisis satu ini punya karakteristik pemisahan yang tinggi.

Inilah Prinsip dan Keuntungan dari LC-MS yang Wajib Anda Ketahui

Istilah ini tentunya akan sangat asing bagi orang awam yang tidak menyinggung soal kimia atau penelitian sebelumnya. Akan tetapi, tidak ada salahnya bila mengetahui sedikit pembahasan mengenai Kromatografi Cair-Spektrometri Massa, bukan?

Maka, berikut ini adalah sedikit pembahasan mengenai Kromatografi Cair-Spektrometri Massa atau LC-MSyang bisa Anda ketahui.

Bagaimana Prinsip Kinerja LC-MS?

Kromatografi Cair-Spektrometri Massa muncul karena spektrometri massa hanya cocok untuk menganalisis molekul-molekul yang ukurannya kecil. Oleh karena itu, proses spektrometri tidak bisa berfungsi untuk menganalisis molekul biologi yang ukurannya relatif lebih besar.

Prinsip kerja Kromatografi Cair-Spektrometri Massa berawal dari pemisahan sampel menggunakan krematografi cair. Proses pemisahannya secara bergantian menggunakan detektor khusus.

Dari proses tersebut akan menghasilkan ion-ion bermuatan tertentu dan nomor massa yang berbeda-beda. Nah, ion-ion ini nanti akan melalui proses spektrometri massa untuk proses pemisahan ion menutur rasio massa ke muatan yang berbeda.

Apa Saja Keuntungan Penggunaan LC-MS?

Pembahasan di atas secara tidak langsung menunjukkan keuntungan dari Kromatografi Cair-Spektrometri yang mampu menganalisis molekul berukuran besar. Namun, tentu saja bukan hanya itu keuntungan dari penggunaan teknik Kromatografi Cair-Spektrometri Massa ini.

Teknik ini cenderung memiliki kemampuan pemisahan yang kuat sehingga dapat memisahkan campuran-campuran yang bahkan lolos dari sistem pemisahan kromatogram MS. Keuntungan selanjutnya adalah waktu proses analisis molekul yang relatif cepat namun dengan pemisahan yang lebih efektif.

Kromatografi Cair-Spektrometri Massa memiliki batas deteksi yang rendah, sensitivitas Spektrometri Massa yang tinggi, dan kemampuan deteksi yang lebih fleksibel. Keuntungan-keuntungan ini tentu dapat menjadi pilihan teknik terbaik bagi para ilmuwan.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai LC-MS yang dapat Anda ketahui. Pembahasan mengenai bidang kimia dalam hal penelitian ini cukup rumit, bukan? Sedikit banyak itulah hal-hal yang para ilmuwan kerjakan setiap harinya.