ArcGis merupakan aplikasi sistem informasi geografis yang dapat memvisualkan data. Apakah Anda sudah kenal dengan ArcGis sebelumnya? ArcGis ini memiliki fitur Geocoding yang sangat bermanfaat bagi kehidupan bersosial.  Kemampuannya untuk mengonversi alamat atau koordinat menjadi lokasi pada petamemungkinkan pengguna dapat dengan mudah memvisualisasikan dan menganalisis data geografis.

Pengertian Geocoding ArcGis

Pengkodean Geo adalah proses mengonversi alamat atau koordinat menjadi titik geografis pada peta. Anda bisa melakukan hal itu dengan mudah menggunakan fitur yang tersedia di aplikasi ArcGis. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan alamat atau koordinat ke dalam sistem dan secara otomatis menampilkan hasilnya pada peta.

Tidak hanya itu, ArcGis juga memiliki kemampuan untuk melakukan proses pengonversian batch, yaitu mengonversi banyak alamat atau koordinat dalam satu waktu. Fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang memiliki data berjumlah banyak dan ingin mengonversinya dalam sekali proses.

Manfaat Geocoding dalam Kehidupan

Kecanggihan sistem informasi geografis ini memiliki banyak manfaat di segala lini kehidupan. Mulai dari sosial, kesehatan, hingga dunia bisnis. Masifnya manfaat Geocoding tentunya membuat Anda penasaran dengan kegiatan pengkodea geo ini, bukan?

Memudahkan menjalankan navigasi

Dengan adanya sistem ini, hampir tidak mungkin untuk mengalami kesulitan dalam menjalankan suatu navigasi atau pemetaan lokasi. Hal ini karena tampilan aplikasi ArcGis ini ramah untuk pengguna baru dan system operasinya yang sederhana.

Membantu pengumpulan alamat untuk bisnis

Teknologi ini juga dapat berguna untuk kegiatan bisnis, yaitu dengan mengolah data pelanggan. Bukan hanya itu saja, teknologi ini dapat membantu dalam mengumpulkan alamat pelanggan dan mengelolanya. Dengan demikian Anda bisa menghasilkan data-data baru yang mendukung keahlian atau iklim bisnis.

Membantu pengelolaan data kesehatan

Tidak hanya untuk bisnis dan navigasi, namun juga dapat membantu seseorang dalam mengelola data kesehatan masyarakat. Bidang kesehatan terbantu dengan adanya sistem ini, daata kasus penyakit dapat dihubungkan dengan data lokasi dimana kasus tersebut berada, sehingga mudah dipelajari dan dikembangkan.

Berguna untuk kepentingan pemerintahan

Sistem pemerintahan pun juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi ini. Seperti penentuan atau penelusuran lokasi penyelidikan terhadap sebuah kejahatan. Sebab mampu memberikan hasil temuan yang lebih cepat dan akurat.

Nah, itulah beberapa manfaat adanya geocoding dalam kehidupan sosial. Semua menjadi semakin mudah dalam penentuan wilayah karena ada teknologi sistem informasi geografis ini. Semoga bermanfaat!