Pada penelitian sebenarnya ada banyak sekali hal yang perlu Anda ketahui. Makin tinggi ilmu dan pendidikan Anda, maka akan makin banyak pula hal terkait penelitian yang dapat Anda pelajari. Salah satu bahasan penelitian yang mungkin belum pernah Anda dengar laten variable modeling. Ulasan berikut ini dapat membantu Anda untuk memahami sedikit mengenai model variabel laten beserta aplikasinya.

Apa Itu Laten Variabel Modeling?

Modeling variabel laten merujuk pada kelompok yang bervariasi dalam prosedur statistik yang menggunakan satu atau lebih variabel laten untuk menjelaskan dan mempelajari hubungan antara sekelompok besar variabel non laten.

Untuk memahaminya dengan baik Anda harus mengerti dulu apa itu variabel laten. Secara definisi, variabel laten merupakan variabel yang tidak dapat Anda ukur secara langsung. Anda membutuhkan satu atau lebih bantuan dari variabel manifest untuk mengukur variabel laten.

Lisrel Sebagai Salah Satu Aplikasi Pengolahan Data SEM

Dalam hal penelitian, mungkin nama aplikasi statistik yang pernah Anda kenal adalah SPSS. Lisrel merupakan salah satu aplikasi statistik untuk membantu peneliti melakukan analisis SEM dan salah satunya adalah laten variable modeling.

Anda tentunya penasaran mengenai kelebihan Lisrel sebagai salah satu aplikasi analisis SEM, bukan? Kelebihan yang utama dari aplikasi Lisrel adalah kemudahan penggunaan aplikasinya. Pengguna baru tidak akan kesulitan menggunakan Lisrel karena memiliki fitur penyederhanaan yang dapat membantu pengguna baru.

Kelebihan lain dari Lisrel adalah banyaknya metode estimasi yang tersedia. Anda bisa menggunakan berbagai macam metode estimasi dalam satu aplikasi yang sama. Dengan demikian, Anda tidak akan kerepotan pindah-pindah aplikasi untuk menjalankan fungsi metode estimasi tertentu.

Lisrel juga mampu menyediakan diagram jalur secara otomatis. Sehingga, proses analisis data lebih mudah karena pengguna tidak perlu pusing menggambarkan diagram alur.

Sekarang Anda sudah mengetahui sedikit terkait laten variable modeling dan software yang dapat berguna untuk membantu pengolahan data penelitian. Tentunya informasi ini dapat menambah pengetahuan Anda terkait penelitian dan dapat Anda gunakan sebagai petunjuk ketika mengadakan suatu penelitian.