Dalam metode statistik, akan ada istilah regresi tobit (Stata) dan harusnya tidak asing lagi seseorang yang berkecimpung di bidangnya. Pertama kali, metode ini dikemukakan oleh seorang tokoh bernama James Tobin, tepatnya pada tahun 1958 silam.

Pada kala itu, ia melakukan analisa terhadap pengeluaran rumah tangga di wilayah Amerika Serikat untuk membeli mobil. Di beberapa rumah tangga, pengeluaran untuk mobilnya menjadi nol karena mereka tidak membeli.

Hal seperti ini sangat mempengaruhi hasil analisa regresi. Lalu apa hubungan antara metode ini dengan Stata? Stata merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu proses regresi tobit. Supaya lebih paham tentang software ini, Anda dapat menyimak uraian berikut.

Penjelasan Mengenai Regresi Tobit (Stata) Secara Singkat

Regresi tobit yaitu salah satu kategori regresi yang mempunyai variabel berjenis dependen. Selain itu juga mempunyai nilai berskala interval hingga rasio pada range tertentu. Biasanya jenis ini dipakai untuk meneliti berbagai variabel yang sifatnya ekonomi serta sosial.

Regresi tobit (Stata) merupakan analisis regresi yang pemakaiannya untuk variabel terikat. Di mana sebagian datanya mempunyai skala pengukuran diskrit, sedangkan lainnya kontinu. Sifat variabel terikatnya campuran yang mempunyai struktur data berskala diskrit untuk nilai nol.

Untuk yang nilainya tidak nol skalanya kontinu. Untuk mendukung proses regresi tobit, Anda dapat memanfaatkan software Stata. Caranya bisa diawali dengan mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu, lalu buka dan tekan bagian menu data editor.

Sekarang Anda hanya tinggal menunggu sampai windows baru muncul. Kemudian inputkan data sekaligus nama variabelnya di Excel pada lembar kerja dari aplikasi tersebut. Lanjutkan langkah dengan menekan bagian treat first row as variabel name.

Bila dibandingkan jenis pengolah data lain, Stata dijadikan opsi karena memiliki banyak kelebihan, salah satunya bagian perintahnya dapat diketik. Umumnya, melakukan analisis data menggunakan Stata mencakup tiga proses, meliputi:

  1. Menginputkan dataset yang ingin dianalisa datanya ke dalam memori.
  2. Mengolah dataset hasil inputan tersebut dengan seperangkat perintah.
  3. Menyimpan atau menampilkan hasil (output).

Sebelum mengoperasikan software Stata, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja fitur yang ditawarkan. Memahami informasi tentang regresi tobit (Stata) secara singkat akan memudahkan Anda dalam proses pengoperasian software nantinya.