Metode Zero Inflated Negative Binomial (ZINB) adalah metode regresi untuk memodelkan data count yang memiliki banyak nilai 0. ZINB menggabungkan model poisson dengan model logit untuk memprediksi probabilitas terjadinya nilai 0.

Metode ZINB dapat kita gunakan untuk menganalisis berbagai jenis data count. Seperti data jumlah kecelakaan lalu lintas, data jumlah pelanggan yang mengunjungi toko, dan data jumlah gol yang dicetak oleh tim sepak bola. Bahkan, metode ZINB dapat memberikan informasi penting tentang faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya nilai 0 dan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai count bukan 0.

Fungsi Metode Zero Inflated Negative Binomial (ZINB)

Fungsi metode ZINB adalah untuk memodelkan data count yang memiliki banyak nilai 0. Metode ZINB menggabungkan model poisson dengan model logit untuk memprediksi probabilitas terjadinya nilai 0.

Model logit berfungsi untuk memprediksi probabilitas terjadinya nilai maupun memprediksi nilai count yang bukan 0. Sedangkan, model poisson berguna untuk memprediksi nilai count yang bukan 0.

Metode ZINB dapat kita gunakan untuk menganalisis berbagai jenis data count. Seperti data jumlah kecelakaan lalu lintas, hingga data jumlah pelanggan yang mengunjungi toko. Selain itu, dapat menganalisis data jumlah gol yang dicetak oleh tim sepak bola. Metode ZINB dapat memberikan informasi penting tentang faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya nilai 0 dan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai count bukan 0.

Contoh Penggunaan Metode ZINB

Metode ZINB memiliki banyak fungsi. Adapun contoh penggunaan metode ZINB yakni untuk analisis pengaruh faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi pada jumlah kecelakaan lalu lintas. Selain itu, untuk analisis pengaruh faktor-faktor seperti harga, lokasi, dan promosi pada jumlah pelanggan yang mengunjungi toko.

Metode ini juga banyak digunakan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor seperti kekuatan tim lawan dan kondisi cuaca pada jumlah gol yang dicetak oleh tim sepak bola.

Metode Zero Inflated Negative Binomial (ZINB) adalah metode regresi yang powerful dan fleksibel. Berfungsi untuk memodelkan data count dengan banyak nilai 0. Metode ZINB dapat memberikan hasil estimasi yang lebih akurat daripada metode regresi lainnya untuk data count dengan banyak nilai 0.