Teori probabilitas merupakan konsep dalam matematika yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam teori ini, kita dapat mempelajari mengenai kemungkinan terjadinya suatu peristiwa atau kejadian. Teori ini memberikan banyak manfaat karena banyak digunakan dalam berbagai bidang. Konsep inilah yang berguna dalam bidang, statistik, ilmu sosial, ekonomi, dan masih banyak lagi.

Teori Probabilitas, Distribusi, dan Hubungannya dengan Statistika

Dalam buku Statistik: Teori dan Aplikasi oleh Supranto, probabilitas secara umum berupa peluang bahwa sesuatu akan terjadi. Bisa juga didefinisikan sebagai nilai untuk mengukur tingkat terjadinya suatu kejadian secara acak.

Hubungan Statistika dengan Probabilitas

Bila berbicara mengenai statistik dan statistika tentunya erat kaitannya dengan probabilitas. Ilmu statistika akan diperlukan saat adanya ketidakpastian dan adanya variasi. Sedangkan probabilitas erat kaitannya dengan peristiwa yang tidak pasti. Nah, hal inilah yang membuat peluang atau probabilitas memegang peran penting dalam statistika.

Setiap pengumpulan data atau pengukuran yang sama dilakukan belum tentu akan menghasilkan hasil yang sama. Dalam ilmu statistika, nilai peluang di antara 0-1, semakin besar angka probabilitas, maka peluang satu kejadian juga semakin besar. Begitu pula sebaliknya, kian kecil nilai dari probabilitas, peluang untuk terjadinya kejadian akan kian kecil pula.

Distribusi Probabilitas

Distribusi dalam teori probabilitas merupakan suatu fungsi yang bertujuan untuk menunjukkan sejumlah nilai yang mungkin diperoleh dari suatu variabel dan seberapa sering nilai tersebut muncul. Pola distribusi ini merupakan ringkasan dari probabilitas atau kemungkinan dari nilai suatu variabel acak.

Variabel acak merupakan data kuantitatif yang dihasilkan dari suatu proses yang dapat menghasilkan hasil atau outcome acak atau tidak bisa ditebak. Sejumlah nilai-nilai yang mungkin menjadi nilai kemungkinan suatu variabel acak, disebut dengan domain.

Rumus Probabilitas

Dalam teori ini, terdapat istilah peluang kejadian yang banyaknya kemungkinan pada ruang sampel. Semua hal ini akan menemukan nilai probabilitas dari suatu kejadian. Peluang kejadian ini berupa nilai yang menggambarkan kemungkinan terjadinya suatu kejadian yang dilambangkan dengan P(A).Teori probabilitas ini bisa menjadi langkah untuk menentukan probabilitas suatu kejadian, maka dapat membuat prediksi atas kejadian di masa mendatang. Probabilitas merupakan konsep yang penting dalam melakukan prediksi dan penilaian risiko.