Pengertian distribusi prior dalam statistik juga sering disebut dengan distribusi probabilitas atau kemungkinan sebelumnya. Dalam peranannya, prior bisa berupa distribusi probabilitas yang mewakili proporsi relatif pemilih, pada pemilu demokrasi mendatang. Proses penilaian distribusi prior akan menjadi parameter dari hasil yang diperoleh.

Mengenal Pengertian Distribusi Prior, Jenis, dan Pengaplikasiannya

Mengetahui berbagai istilah statistika memang membutuhkan pemahaman ekstra untuk bisa mengaplikasikannya. Salah satu dari sekian banyak materi statistika, prior adalah tema yang harus diketahui. Menjadi sebuah bagian dari distribusi awal untuk memberikan informasi perihal sejumlah parameter yang terlebih dahulu harus ditentukan sebelum proses perumusan distribusi posterior.

Penggunaan distribusi prior, mampu mengatur tata cara untuk mempengaruhi sebuah informasi yang ada sebelumnya, dengan menggunakan informasi terbaru agar mendapatkan sebuah pola distribusi probabilitas posterior secara bersyarat. Dengan catatan, distribusi bersyarat tersebut memiliki kualitas yang tidak pasti dan menggunakan data baru.

Pada dasarnya, penggunaan distribusi prior akan mengacu pada berbagai aspek dalam bidang statistika untuk merumuskan sesuatu. secara historis, keluarga konjugasi, hingga fungsi kemungkinan tertentu dapat menjadi pembatas pada pilihan prior yang digunakan. Hal tersebut, tentunya akan menghasilkan sebuah posterior hingga luas metode rantai Markov Monte Carlo tidak begitu penting.

Jenis Distribusi Prior dalam Statistik Bayesian

Statistik Bayesian merupakan sebuah aturan Bayes yang menginformasikan cara pembaharuan informasi sebelumnya, dengan informasi terbaru agar mendapatkan kualitas dari hasil distribusi probabilitas posterior. Apabila mempelajari jenisnya, distribusi prior terbagi menjadi beberapa bagian yang masing-masingnya memiliki deskripsi sendiri-sendiri.

Pertama, adalah prioritas informatif. Jenis ini merupakan prior yang memberikan sebuah informasi secara spesifik serta pasti, pada suatu variabel. Pengaplikasian distribusi prior pada jenis yang pertama ini, bisa ditemukan pada ramalan cuaca besok, hingga distribusi penilaian suhu setiap hari dalam waktu satu tahun. Kedua, adalah priora yang kurang informatif. Jenis ini merupakan sebuah informasi pada suatu variabel, dan mengarah analisis pada solusi selaras dengan pengetahuan tanpa membatasi hasil yang diberikan. 

Terakhir, adalah priora yang tidak informatif. Jenis priora ini, merupakan sebuah distribusi prior untuk mengungkapkan informasi secara tidak jelas pada suatu variabel.

Pengertian Distribusi Prior serta Pemanfaatannya dalam Dunia Statistika

Merumuskan distribusi prior pada suatu variabel dan mengelompokkannya dalam salah satu jenis priora, merupakan tahap awal, untuk menentukan fungsi dari priora tersebut. Dalam aspek penggunaan, tentunya priora akan sangat bermanfaat dalam proses perumusan kesimpulan yang bisa menjadi acuan selama penelitian berlangsung.